Cuaca Buruk, 2 Pesawat Lion Air Gagal Mendarat di Bengkulu

Cuaca Buruk, 2 Pesawat Lion Air Gagal Mendarat di Bengkulu

--

RADARUTARA.ID- Berdasarkan laporan yang disampaikan pihak maskapai penerbangan Lion Air, 2 penerbangan tujuan Jakarta-Bengkulu sempat gagal mendarat. Hal dikarenakan kondisi cuaca buruk yang terjadi di wilayah Bengkulu, sehingga perlu diambil langkah penanganan secepatnya 

Lion Air memastikan telah melaksanakan penerbangan sesuai standar operasional prosedur (SOP).

Penerbangan tujuan Bandar Udara Fatmawati Soekarno di Bengkulu (BKS) pada Sabtu (11/ 02) mengalami keterlambatan kedatangan dikarenakan dampak cuaca kurang baik (bad weather), berupa angin kencang di Bengkulu dengan kecepatan yang melebihi batas kapasitas aman.

Sehingga mengakibatkan tidak memenuhi kualifikasi atau persyaratan untuk operasional penerbangan (lepas landas dan mendarat).

Operasional Lion Air sudah kembali diterbangkan di hari yang sama setelah bandar udara tujuan yaitu Bandar Udara Fatmawati Soekarno dinyatakan aman untuk penerbangan. 

Dua penerbangan tersebut, terdiri dari : 

1. Lion Air penerbangan JT-630

Dijadwalkan tiba pukul 17.50 WIB dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang (CGK), keputusan melakukan pengalihan pendaratan di bandar udara alternatif (divert), yaitu Bandar Udara Internasional Sultan Mahamud Badaruddin II di Palembang (PLM). Lion Air mengoperasikan Boeing 737-900ER membawa tujuh awak pesawat dan 181 penumpang.

Penerbangan JT-630 sudah mendarat di Bandar Udara Fatmawati Soekarno pukul 20.44 WIB, jadwal keberangkatan dari Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang pukul 20.08

2). Lion Air penerbangan JT-636

Dijadwalkan mendarat pukul 14.00 WIB dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang (CGK), keputusan penerbangan kembali ke bandar udara asal (return to base). Lion Air mengoperasikan Boeing 737-900ER membawa tujuh awak pesawat dan 179 penumpang. 

Penerbangan JT-636 telah diberangkatkan kembali dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pukul 20.47 WIB dan memiliki waktu kedatangan pukul 21.57 WIB.

Keputusan yang dilakukan oleh pilot adalah tepat, dalam memastikan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan.

Lion Air telah menginformasikan kepada seluruh penumpang dan telah memperbarui sesuai perkembangan operasional dan cuaca. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: