Orang Rusia Kagum dengan Indonesia karena Hal Misterius

Orang Rusia Kagum dengan Indonesia karena Hal Misterius

Orang Rusia Kagum dengan Indonesia karena Hal Misterius--

RADARUTARA.ID - Ada sebuah legenda misterius di Rusia yang membuat mereka sangat mengagumi Indonesia. Legenda misterius apakah itu? Mari simak penjelasannya!

Ketika Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu dengan presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo pada Kamis (30/6/2022) lalu, ia mengungkit mengenai jasa-jasa Rusia saat menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Istana Kremlin.

"Saya ingatkan kembali bahwa negara kami membantu Indonesia membangun kenegaraan dan memperkuat posisi republik muda di kancah internasional," ucap Putin dalam Katadata. 

Presiden Rusia yang dulunya dikenal dengan nama Uni Soviet juga mengungkapkan peran Rusia saat membantu pembangunan infrastruktur Indonesia dan megalirkan banyak bantuan dan dana. Trcatat dana yang dikeluarkan senilai 600 juta dolar AS dalam bentuk kapal penjelajah, destroyer, kapal selam, tank amfibi dan pesawat tempur MIG. 

Hal inilah yang membuat Indonesia disebut sebagai angkatan laut terkuat ke-2 setelah Tingkok.

Pada waktu itu Rusia juga banyak mengirim spesialis, insinyur dan ahli kontruksi ke Indonesia. 

Selain itu, Putin juga menyebutkan bahwa Rusia berperan dalam membangun infrastruktur transportasi, industri besar, stadion, rumah sakit, dan institusi di Indonesia, dan sampai saat ini beberapa bangunan masih beroperasi. 

Putin menegaskan akan selalu membantu Indonesia membangun kenegaraan dan memperkuat posisi di kancah internasional karena Indonesia merupakan salah satu mitra utara Rusia di Asia Pasifik. 

"Hubungan Rusia-Indonesia bersifat konstruktif, saling menguntungkan dan terus berkembang atas dasar tradisi persahabatan dan bantuan timbal balik yang telah berlangsung lama," tegas Putin dalam kesempatan tersebut.

Pada mulanya orang-orang Rusia memendam kekaguman terhadap kawasan Nusantara semenjak abad ke-11, hal ini diungkapkan oleh Doktor Sastra Indonesia dan Malaysia di School of Oriental and African Studies, University of London, Inggris, Vladimir I Braginsky.

Namun, dalam buku 'Sahabat Lama, Era Baru' yang dimuat Tirto karya Tomi Lembang diungkapkan bahwa kekaguman itu bersifat misterius karena mereka sendiri tidak tahu di mana Nusantara. Pengetahuan masyarakat Rusia hanya berasal dari Mitos.

"Mitos itu berupa kepercayaan bahwa Kepulauan Nusantara sebagai Taman Eden, yang memiliki kekayaan berupa emas dan batu berharga lainnya," tulisnya.

Hubungan Rusia-Indonesia juga terkait dengan sosok Tan Malaka yang hadir dalam Kongres Komintern IV di Moskow pada tahun 1932 dan sosok Munawar Musso yang pernah tinggal di Moskow.

Ketika proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, hubungan ideologis antara Rusia-Indonesia kembali muncul dengan menjadi negara yang mendukung kemerdekaan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: