Seleksi CPNS 2023 Segera Dibuka, Siapkan Persyaratannya dari Sekarang!

Seleksi CPNS 2023 Segera Dibuka, Siapkan Persyaratannya dari Sekarang!

Seleksi CPNS 2023 Segera Dibuka, Siapkan Persyaratannya dari Sekarang!--

RADARUTARA.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPanRB), Abdullah Azwar Anas mengatakan pada tahun 2023 akan dibuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). 

"Pemerintah sudah memutuskan untuk melakukan rekrutmen CPNS dan PPPK pada tahun 2023," tegas Azwar

Pendaftaran CPNS 2023 ini akan diprioritaskan pada kebutuhan profesi tertentu seperti hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis lainnya. Hal ini sesuai Peraturan Menteri PAN-RB No. 45 Tahun 2022 tentang Jabatan Pelaksanan Pegawai Negri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintah. 

Sementara itu, Kepala Biro Data, Komunikasi dan Informasi Publik KemenPAN RB, Mohammad Averrouce menyampaikan jika saat ini proses rekrutmen CPNS masih dipersiapkan pada proses administrasi. 

Dikarenakan pemerintah masih fokus pada perekrutmen PPPK, sehingga pihaknya belum sampai pada tahap usulan formasi kepada daerah-daerah.

"Jadi, masih proses lah kita, masih berproses untuk mengupdate informasi (usulan) dari lembaga dan Pemda (Pemerintah Daerah)," ujar Mohammad Averrouce. 

Bagi calon pelamar yang ingin berpartisipasi menjadi abdi negara maka perlu diperhatikan syarat Pendaftaran CPNS 2023 berikut:

1. Syarat Umum

- Warga Negara Indonesia (WNI)

- Tidak berkedudukan sebagai PNS atau CPNS

- Tidak pernah dihukum penjaran atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai

- Tidak mengalami ketergantungan terhadap narkotika/sejenisnya, kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan

- Tidak pernah diberhentikan sengan hormat atas permintaan sendiri atau dengan hormat sebagai CPNS/PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD atau pegawai swasta

- Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: