Akuratkah Menentukan Arah Kiblat Menggunakan Kompas Easy 3 In 1 Pada Android? Simak Penjelasannya

Akuratkah Menentukan Arah Kiblat Menggunakan Kompas Easy 3 In 1 Pada Android? Simak Penjelasannya

Akuratkah Menentukan Arah Kiblat Menggunakan Kompas Easy 3 In 1 Pada Android? Simak Penjelasannya--

RADARUTARA.ID - Sholat merupakan rukun Islam yang kedua dan memiliki posisi yang sangat penting dalam kehidupan manusia. 

Dalam melaksanakan shalat tentunya ada beberapa syarat dan rukun yang harus teroenuhi agar shalatnya sah dan mendapat ridho Allah Swt. 

Salah satu yang harus diperhatika adalah menghadap kiblat. Karena itu perlu diketahui secara pasti cara menentukan arah kiblat. Hal ini sangat berguna jika suatu ketika kita berada di lokasi yang belum diketahui arah kiblatnya. 

Sangat banyak alat yang bisa digunakan untuk menentukan arah kiblat seperti miqyas, tongkat istiwa, rubu' mujayyab, thodolite dan GPS (Global Positioning System). Semakin canggih alat yang dipakai maka semakin tinggi tingkat akurasinya.

Lalu bagaimana jika menentukan arah kiblat menggunakan kompas easy 3 in 1 pada android?

Kompas adalah alat navigasi berupa panah penunjuk magnetis yang mneyesuaikan dirinya dengan medan maghnet bumi untuk menunjukkkan arah mata angin. 

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, mennetukan arah kiblat bisa menggunakan kompas android yang dipandu system jaringan. 

APlikasi Easy Qiblat 3 in 1 merupaka aplikasi android yang dibuat oleh Ahmad taufan Abdul Rashid dari UnisZA (Universiti Sultan Zainal Abidin) dan tersedia di playstore. Aplikasi yang dibuat pada 29 September 2015 ini telah di sertifikasi penghargaan emas di Pameran Penemuan dan Inovasi Internasional ke-27 (ITEX 2016 Malaysia).

Dalam menentukan arah kiblat, kompas terkadang memberikan hasil yang kurang masksimal. Sebab arah yang ditunjuk kompas selalu mengikuti medang maghnet bumi. 

Setelah dilakukan penelitian, kompas ini mudah dibelokkan oleh gangguan mengnetik di sekitarnya, memberikan akurasi rendah dalam penentuan sudut kiblat. 

Aplikasi ini memberi 3 metode beramaan untuk menentukan akurasi kiblat yang lebih baik baik dan bisa digunakan secara bersamaan, yakni: menggunakan utiliti maps, menggunakan arah matahari atau rembulan dan menggunakan kompas. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: