Di Bandung Ada Pandawara, Di Bengkulu Ada Pahlawan Sampah

Di Bandung Ada Pandawara, Di Bengkulu Ada Pahlawan Sampah

Di Bandung Ada Pandawara, Di Bengkulu Ada Pahlawan Sampah--

RADARUTARA.ID - Setiap masyarakat pasti mendambakan lingkungan yang bersih dan sehat. Maka dari itu diperlukan kesadaran semua pihak untuk dapat mewujudkan hal tersebut. Seperti membuang sampah pada tempatnya agar tidak menggenang dan indah terlihat. 

Lingkungan yang kotor berpotensi menjadi sarang penyakit bahkan air yang menggenang bisa menyebabkan banjir. 

Namun sangat disayangkan masih ada beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab dan membiarkan sampah berserakan.

Beda halnya yang dilakukan oleh sekelompok komunitas siswa SMKN 3 Seluma dengan sebutan "Pahlawan Sampah". Mereka sangat menyadari dan sangat peduli dengan lingkungan sekitar. 

Bentuk kepedulian mereka itu salah satunya dengan melakukan aktifitas membersihkan sampah di beberapa tempat.

Walaupun terbilang kelompok baru, mereka sudah mulai bergerak membersihkan sampah dari berbagai tempat.

Bahkan tidak hanya di wilayah Seluma, mereka juga membersihkan sampah di kawasan Kota Bengkulu seperti Pantai Panjang dan BIM pada hari Sabtu dan Minggu. 

Selain bertujuan membersihkan sampah, mereka juga menyortir jenis sampah yang sekiranya memiliki nilai rupiah untuk dikumpulkan dan dijadikan modal dalam melakukan aksi tersebut. 

"Untuk kelompok ini memang baru dibentuk 2 minggu, setiap hari Senin - Jumat sepulang sekolah, kami membersihkan sampah di wilayah Kabupaten Seluma, sedangkan untuk Sabtu - Minggu kami membersihkan sampah di kawasan Pantai Panjang Kota Bengkulu," ucap Agung Firmansyah, Koordinator Pahlawan Sampah pada Sabtu (14/1/2023).

Komunitas yang dibentuk dan aksi yang dijalankan oleh pelajar SMKN 3 Seluma ini murni atas kepedulian kepada lingkungan, dan seharusnya memang diberikan dukungan penuh dari masyarakat maupun Pemerintah. 

"Ini murni kami lakukan sukarela, harapannya agar masyarakat dan kita semua lebih peduli terhadap lingkungan, terutama wisata yang menjadi andalan kita," tambahnya.

Mereka berharap apa yang dilakukannya terhadap lingkungan sekitar bisa menjadi contoh untuk orang lain agar terciptanya lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman.

"Tidak perlu modal besar untuk menggerakkan ini, hanya butuh kepedulian dan kesadaran dari kita semua," ujar Agung. 

Kegiatan membersihkan sampah yang dilakukan ini mereka abadikan dalam akun TikTok @pahlawan.sampah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: