Dampak Konflik Tak Berkesudahan Rusia-Ukraina Terhadap Ekonomi Dunia

Dampak Konflik Tak Berkesudahan Rusia-Ukraina Terhadap Ekonomi Dunia

Dampak Konflik Tak Berkesudahan Rusia-Ukraina Terhadap Ekonomi Dunia--

RADARUTARA.ID - Konflik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina ternayata memberi efek yang besar terhadap perekonomian dunia. Harga minyak global melonjak, perusahaan asing keluar dari Rusia dan sebagainya. 

Hal ini terjadi karena kebutuhan ekonomi antar negara saling terhubung antara satu dnegan yang lainnya.

Lantas apa sajakah dampak dari konflik Rusia-Ukraina terhadap ekonomi dunia? Simak penjelasan berikut!

1. Melambungnya harga komoditas

Rusia merupakan salah satu produsen dan pengekspor bahan bakar fosil terbesar di dunia. Karena itu dikhawatirkan melonjaknya harga minyak dan gas karena kekhawatiran pasokan. 

Nikel dan alumunium yang diproduksi besar-besaran di Rusia juga melonjak. Rantai pasokan industri otomotif menghadapi gangguan karena suku cadang utama yang berasal dari Ukraina.

Harga-harga yang naik mendorong pemerintah negara-negara di dunia mengambil langkah-langkah untuk meringankan kesulitan keuangan bagi konsumen. Mulai PPN yang lebih rendah di Swedia, batas harga di Hongaria atau diskon di Prancis. 

2. Ancaman pangan global

Rusia dan Ukraina merupakan lumbung pangan dunia yang menyumbang 30 persen dari ekspor gandum global. 

Pemerintah Amerika Serikat bisa saja menutupi kekurangan gandum, tapi tidak dengan menggantikan minyak bunga matahari dan jagung. Ukraina diketahui sebagai eksportir nomor 1 di dunia. 

Sejak konflik Rusia dan Ukraina harga minyak goreng dna sereal telah meningkat. 

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres  menyebutkan bahwa konflik akan menyebabkan bedai kelaparan dan kehancuran sistem pangan global. 

Jumlah orang yang kekurangan gizi bisa saja meningkat hingga 13 juta orang selama tahun ini menurut Organisasi Pangan dan Pertanian PBB atau FAO.

3. Ancaman Inflasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: