Pergunakan Alat Elektronik Ini dengan Bijak, Agar Tagihan Listrik Stabil

Pergunakan Alat Elektronik Ini dengan Bijak, Agar Tagihan Listrik Stabil

Pergunakan Alat Elektronik Ini dengan Bijak, Agar Tagihan Listrik Stabil--

RADARUTARA.ID - Pada zaman sekarang listrik telah menjelma menjadi kebutuhan primer, karena rata-rata semua pekerjaan manusia pasti membutuhkan listrik. Seperti mencuci, menanak nasi, menyetrika dan lain sebagainya. 

Menggunakan alat elektronik untuk meringankan pekerjaan rumah bukanlah hal yang dilarang, akan tetapi kita dianjurkan untuk mempergunakannya dengan bijak. 

Ada beberapa alat elektronik yang memiliki daya cukup besar, sehingga karena kelalaian kita dalam menggunakannya memicu naiknya tagihan listrik.

Diantara alat elektronik tersebut ialah:

1. Mesin cuci dan mesin pengering

Mencuci menggunakan mesin sangat membantu pekerjaan rumah, karena kita bisa multitasking selagi menunggu pakaian selesai dicuci.

Namun apakah kamu tahu jika alat elektronik satu ini menghabiskan daya listrik sebesar 2.000 watt. Karena itu perlu mengurangi penggunaan mesin cuci sebanyak satu putaran dalam seminggu.

BACA JUGA:Denda PLN Rp27 Juta Diduga Bukan Akibat Tunggakan

Selain mesin cuci, tersedia juga mesin pengering yang membantu proses pengeringan pakaian.

Mesin ini termasuk alat elektronik penguras energi yang sangat besar. 

2. Air Conditioner (AC)

Pada cuaca yang panas, AC sangat dibutuhkan untuk membuat ruangan menjadi sejuk dan nyaman. Namun, disamping harganya yang mahal AC merupakan alat elektronik yang menggunakan energi paling banyak. 

Penggunaan AC bisa dihemat dengan cara memilih PK dari AC yang rendah, membuka jendela kamar atau mematikannya jika tidak digunakan lagi. 

3. Setrika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: