Jalur SNPMB-SNBP 2023 Mulai Dibuka, Berikut Jadwal dan Tahapan Seleksinya

Jalur SNPMB-SNBP 2023 Mulai Dibuka, Berikut Jadwal dan Tahapan Seleksinya

Calon Mahasiswa Wajib Tahu, Ini Jadwal dan Tahap Pendaftran SNBP Pengganti SNMPTN 2023--

RADARUTARA.ID - Ada beberapa kesempatan dan jalur khusus yang bisa ditempuh oleh para pelajar SMA untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi di tahun 2023 ini. 

Jalur khusus itu diantaranya dapat diakses melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) dan jalur mandiri. 

Dalam konteks ini para pelajar patut memahami. Bahwa, SNBP adalah sistem baru Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) yang penilaiannya mengacu pada nilai rapor dan prestasi siswa. SNBP merupakan pergantian nama dari SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). 

SNBP adalah tes yang dilaksanakan berdasarkan prestasi. Prestasi ini dapat berupa prestasi akademik dan/atau non-akademik. 

BACA JUGA:Calon Mahasiswa Wajib Tahu, Ini Jadwal dan Tahap Pendaftran SNBP Pengganti SNMPTN 2023

Pada SNMPTN sebelumnya, seleksi dilakukan dengan mempertimbangkan nilai-nilai sesuai rumpun ilmu yang dipelajari di jenjang Sekolah Menengah. Namun untuk SNBP kali ini memiliki perbedaan dengan SNMPTN. SNBP sendiri akan mempertimbangkan prestasi berdasarkan dua komponen. 

Penilaian itu meliputi, pelajar harus mengantongi minimal 50 persen rerata nilai rapor keseluruhan. Selanjutnya ditentukan oleh maksimal 50 persen komponen penggali minat dan bakat. 

Jika kedua komponen penilaian tersebut berhasil dipenuhi. Maka siswa di sejumlah SMA berhak mendapatkan tiket jalur SNPMB untuk masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan. 

Adapun jadwal SNBP tahun 2023 dimulai dari pembuatan akun SNPMB pada 16 Januari-08 Februari 2023. Sedangkan untuk jadwal PDSS dan SNBP dapat diikuti oleh pelajar dengan tahapan sosialisasi PDSS yang dilaksanakan pada 01 Desember 2022-08 Februari 2023.

Kemudian sosialisasi SNBP dilaksanakan pada 01 Desember 2022-08 Februari 2023. Launching kegiatan PMB dilaksanakan pada 03 Januari 2023, penerapan siswa eligible dilaksanakan pada 03 Januari-08 Februari 2023 dan pengisian PDSS dilaksanakan pada 09 Januari-09 Februari 2023.

Setelah itu, pendaftaran SNBP dilaksankan pada 14-28 Februari 2023 dan pengumuman hasil SNBP akan dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2023. 

Kepala SMAN 15 Bengkulu Utara, Agus Wagito, M.Pd, memastikan pelajar kelas XII di sekolahnya mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengikuti jalur SNBP ini. Hanya saja kuota yang dipersiapkan oleh sekolahnya sangat terbatas.

"Karena sekolah kita masih terakreditasi B. Maka kuota yang kita miliki untuk jalur SNBP ini hanya untuk sekitar 15 siswa atau setara dengan 25 persen dari jumlah siswa/i yang kita miliki," ungkapnya.

Agus berharap, peluang jalur SNBP yang dimiliki oleh sekolah ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh pelajar di sekolahnya yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: