Waspada Cuaca Ekstrem Jelang Tahun Baru, Ini Wilayah Hujan Deras di Bengkulu

Waspada Cuaca Ekstrem Jelang Tahun Baru, Ini Wilayah Hujan Deras di Bengkulu

Peringatan dini cuaca oleh BMKG Provinsi Bengkulu--

PUTRI HIJAU RADARUTARA.ID - Lantaran adanya pertemuan massa udara di wilayah Provinsi Bengkulu dan kelembapan udara yang cukup basah dari lapisan bawah hingga atas, serta labilitas udara di lapisan atmosfer Bengkulu, menyebabkan adanya potensi pembekuan awan di atas langit sebagian besar wilayah Bengkulu.

Hal ini disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu, Rabu tanggal 28 Desember 2022 sebagai peringatan dini agar masyarakat berhati-hati dan waspada akan adanya potensi hujan deras disertai angin dan petir.

Sementara, Camat Putri Hijau, Ricky Wijaya, S.STP, M.Ap, mengimbau seluruh desa di wilayah kerjanya untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang diprediksi akan berlangsung selama momen pergantian tahun. 

Informasi Camat, hujan dengan intensitas sedang, lebat disertai petir dan angin kencang diprediksi akan terjadi hingga menguyur wilayah Kabupaten Bengkulu Utara khususnya Kecamatan Putri Hijau dan sekitarnya. 

Untuk itu, Camat meminta seluruh warga desa agar dapat meningkatkan kesiapsiagaannya dalam menghadapi dampak-dampak bencana alam yang kemungkinan besar bisa timbul akibat berlangsungnya cuaca ekstrem selama pergantian tahun ini. 

"Diprediksi selama momen pergantian tahun cuaca esktrem akan terjadi. Kami minta kepada seluruh desa agar meningkatkan kewaspadaan serta kesiapsiagaannya dalam mengantisipasi dampak-dampak bencana alam yang bisa terjadi kapan saja," imbaunya.

Di sisi lain, imbauan turut ditekankan khususnya bagi warga yang bermukim di wilayah pesisir pantai. Menurut Camat, cuaca ekstrem yang akan terjadi selama momen pergantian tahun ini diperkirakan juga akan mempengaruhi gelombang laut di sepanjang pesisir pantai. 

Sehingga Camat berharap, warga yang bermukim di sekitar pesisir pantai turut meningkatkan kewaspadaannya dan pemerintah desa dapat melaksanakan pemantauan secara intens terhadap situasi dan keadaan permukiman masyarakat yang berada di pesisir pantai tersebut. 

"Cuaca ekstrem juga akan berdampak terhadap wilayah pesisir pantai. Baik itu peningkatan pada gelombang air laut, angin kencang hingga hujan dengan intensitas tinggi. Sehingga masyarakat yang bertempat tinggal dan beraktivitas di pesisir pantai juga kita minta untuk meningkatkan kewaspadaannya," tegasnya.

Lebih jauh Camat mengingatkan agar kepala desa aktif memantau dan melaporkan perkembangan yang berlangsung di masing-masing wilayahnya. 

"Jika cuaca ekstrem ini menimbulkan dampak. Kami harap desa segera melaporkannya ke kecamatan dan kabupaten. Supaya jika perlu diambil tindakan, bisa segera dilakukan," pungkasnya.

Adapun wilayah-wilayah dengan potensi hujan deras tersebut diantaranya: 

Kabupaten Bengkulu Selatan: Kedurang, Seginim, Pino, Manna, Kota Manna, Pino Raya, Kedurang Ilir, Air Nipis, Ulu Manna, Bunga Mas, Pasar Manna, 

Kabupaten Bengkulu Utara: Putri Hijau, Marga Sakti Sebelat, 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: