Rumah Sakit Tino Galo, Rumah Sakit Khusus Perempuan di Bengkulu

Rumah Sakit Tino Galo, Rumah Sakit Khusus Perempuan di Bengkulu

Rumah Sakit Tino Galo (RSTG) Rumah Sakit Khusus Perempuan di Kota Bengkulu--

RADARUTARA.ID - Hari ini (Kamis, 22/12/2022) Pemda Kota Bengkulu meresmikan Rumah Sakit Tino Galo (RSTG). Sebuah Rumah Sakit dengan konsep memuliakan kaum perempuan (baca: Tino) baik yang melayani dan yang dilayani, RSTG diberdayakan oleh tenaga medis perawat, dokter semuanya perempuan.

RSTG didirikan berawal dari banyak aspirasi warga antara lain dari tokoh agama,tokoh adat, para suami dan juga perempuan terkait rasa nyaman dalam pelayanan kesehatan untuk kaum perempuan.

Kehadiran RSTG melengkapi daftar Rumah Sakit Yang didirikan oleh Pemkot Bengkulu dalam kepemimpinan  H Helmi Hasan dan Deddy Wahyudi dimana sebelumnya  telah didirikan RSHD (Rumah Sakit Harapan dan Doa) RSHD ini merupakan rumah sakit pertama milik pemda kota selama hampir 300 tahun Kota Bengkulu berdiri yang hingga kini melayani pasien secara universal. RSHD ini telah beroperasi hampir 7 tahun. RSHD ini fokus melayani warga kota termasuk menolong secara gratis warga miskin. 

Namun demikian RSHD tetap bisa menyumbang 42 Milyar dalam pendapatan lain yang dianggap Sah dalam postur APBD 2023 dengan tetap Mengedepankan Pro warga tidak mampu hasil kerjasama Pemkot Bengkulu, RSHD, BAZNAS, dan BPJS, sehingga nyaman bagi mereka yang mampu dan terdepan pelayanannya bagi warga ekonomi lemah.

BACA JUGA:Semua Pegawai Rumah Sakit Tino Galo di Bengkulu Adalah Perempuan

Keberadaan RSHD dan RSTG adalah upaya memaksimalkan kebahagian warga kota Bengkulu dalam pelayanan kesehatan.

"Mohon doa dari semua pihak agar RS Tino Galo terus tumbuh kembang dan prima lakukan pelayanan sehingga kalimat "Orang Miskin Dilarang Sakit" yang dulu sempat trend di Indonesia bisa hilang dengan hadirnya RSTG dan dengan konsep program pro warga tidak mampu yg selama ini sudah berjalan di Rumah Sakit Kota", ujar Dediyanto, SPt,MAP Sekretaris Fraksi PAN DPRD Kota Bengkulu.

"Selaku anggota DPRD Kota Bengkulu, saya optimis dan akan terus mengawal dari sisi regulasi,anggaran dan pengawasan yg mendorong  RSTG akan memuliakan kaum perempuan dan juga tentu warga yang tidak terakses dengan baik selama ini dengan Maksimal" tambahnya.

Terkait nama Rumah Sakit Tino Galo (RSTG) menjadi perbincangan hangat di kalangan warga, sebab nama itu unik dan mudah diingat.

BACA JUGA:Ya Allah, Begini Nasib Kaum Pria di Rumah Sakit Tino Galo Bengkulu

Tino Galo adalah bahasa universal lokal "kami tino galo di siko" (artinyo : kami perempuan semua disini).

"Dengan kata Tino Galo maka akan mendekatkan RSTG ini dengan warga Kota Bengkulu yang terdiri dari beragam etnis tapi tetap menguatkan kearifkan lokal Kota Bengkulu," ujar Vigo warga Kota Bengkulu. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: