Benarkah Hari Ibu Diperingati Tanggal 22 Desember? Simak Penjelasannya!

Benarkah Hari Ibu Diperingati Tanggal 22 Desember? Simak Penjelasannya!

Benarkah Hari Ibu Diperingati Tanggal 22 Desember? Simak Penjelasannya!--

RADARUTARA.ID - Sudah tidak asing lagi jika Hari Ibu di Indonesia diperingati pada tanggal 22 Desember. Pada hari itu banyak anak yang mengekspresikan rasa cinta dan kasih sayangnya kepada Ibu dengan cara memberikan kado, memasak bersama, menonton film favorit, hangout berdua dan lain sebagainya. 

Ternyata Hari Ibu diperingati dalam dua waktu baik secara nasional dan internasional. Pada tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu Indonesia sedangkan Mother's Day atau yang dikenal dengan Peringatan Hari Ibu sedunia jatuh pada tanggal 10 Mei. Agar kamu tidak bingung dan keliru, yuk simak penjelasan tentang sejarah Peringatan Hari Ibu Indonesia dan Dunia. 

Sejarah Hari Ibu Indonesia 22 Desember 

Peringatan Hari Ibu Indonesia diawali dengan diadakannya Kongres Perempuan Indonesia I di Yogyakarta yang dihadiri oleh pejuang wanita Indonesia dari Jawa dan Sumatera pada tanggal 22 - 25 Desember 1928. Yang menjadi agenda utama pada Kongres ini ialah peranan perempuan Nusantara dari berbagai aspek. Para pejuang perempuan itu menuangkan pemikiran kritis dan upaya demi kemajuan bangsa Indonesia khususnya kaum perempuan. 

Pada Juli 1935 kembali dilaksanakan Kongres Perempuan Indonesia II dengan membentuk BPBH (Badan Pemberantasan Buta Huruf). Selanjutnya Kongres Perempuan Indonesia III dilaksanakan pada tahun 1938 dan Penetapan Hari Ibu pada tanggal 22 Desember baru diputuskan pada kongres ketiga ini. Peringatan Hari Ibu yang awal mulanya untuk mengenang semangat dan kegigihan pejuang perempuan dalam upaya memperbaiki kualitas bangsa, melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 Presiden Soekarno menetapkan secara resmi bahwa pada tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu yang dirayakan secara nasional hingga saat ini. 

Sejarah Mother's Day 10 Mei

Perayaan Mother's Day mulanya dikenal di Amerika Serikat sejak Perang Saudara pada tahun 1868 yang dirayakan pada hari Minggu kedua di bulan Mei. Ketika itu dibentuk sebuah komita untuk membuat "Hari Persahabatan Ibu" oleh Anna Jarvis dengan harapan menyatukan kembali keluarga yang telah terpecah selama perang suadara. Dia bercita-cita untuk menetapkan hari itu menjadi hari peringatan tahunan untuk ibu, namun pada tahun 1905 ia meninggal. Putri Anna Jarvis mengadakan perayaan Hari Ibu pada tanggal 10 Mei 1908 untuk pertama kalinya di West Virginia. Peringatan ini bertujuan untuk menghormati mendiang ibunya, dan ia berkampanye untuk menetapkan Hari Ibu menjadi hari libur nasional di Amerika Serikat.

Begitulah penjelasan peringatan Hari Ibu di Indonesia dan Dunia. Tanggal 22 Desember ialah peringatan Hari Ibu di Indonesia, berbeda dengan peringatan Mother's Day yang diperingati pada tanggal 10 Mei. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: