TNI AL Bekali Wawasan Kebangsaan Pada Peserta KBN di Bengkulu

TNI AL Bekali Wawasan Kebangsaan Pada Peserta KBN di Bengkulu

Danlanal Bengkulu saat mengisi materi pada peserta KBN--

BENGKULU RU.ID - Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) turut memberikan materi wawasan kebangsaan terhadap para peserta Kemah Bela Negara (KBN) nasional tahun 2022. Dimana dalam pelaksanaan KBN tersebut, Provinsi Bengkulu dipecaya sebagai menjadi tuan rumah.

Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Bengkulu, Letkol Laut (P). Nyoman Gede Pradnyana AS mengatakan, selain wawasan kebangsaan, para peserta KBN juga diberikan materi kedisiplinan dan cinta tanah air.

"Ada sebanyak 320 peserta KBN yang hadir," ungkap Nyoman pada KBN di lapangan sepakbola Desa Bukit Peninjau II, Selasa (20/12).

Menurutnya, pemberian materi ini hanya digelar sehari, yang mana kegiatan diawali dengan upacara penyerahan peserta kepada TNI AL, dalam hal ini Lanal Bengkulu.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan semangat anak bangsa, dengan harapan turut berperan dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Makanya tadi (kemarin, red) para peserta juga kita berikan materi tentang Tata Upacara Militer (TUM), peragaan atau perkenalan seragam TNI AL, peraturan dinas dalam TNI AL (PDD Khas TNI AL), kebaharian dan kemaritiman. Sehingga mereka juga dapat memahami terkait keberadaan TNI AL di NKRI ini," kata Nyoman.

Lebih jauh disampaikannya, melalui kegiatan ini pihaknya lebih menekankan agar wawasan kebangsaan dan kedisiplinan benar-benar dipahami dan diimplementasikan.

"Sehingga nantinya para peserta bisa mengetahui apa saja hal-hal yang mesti diketahui dalam wawasan kebangsaan. Karena itu modal menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," singkatnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: