Air Terjun Palak Siring, Hitung Anak Tangga untuk Tahu Jodoh atau Tidak

Air Terjun Palak Siring, Hitung Anak Tangga untuk Tahu Jodoh atau Tidak

Air Terjun Palak Siring Kemumu dengan keindahannya --

ARGA MAKMUR, RU.ID - Tujuan wisata dekat arah Arga Makmur, Bengkulu Utara selanjutnya adalah Air Terjun Palak Siring di Kemumu. Bagi kamu yang ingin menikmati destinasi alami seperti Air Terjun dan bisa mandi, tempat ini salah satunya. Bahkan, jika Anda datang bersama kekasih, Anda bisa tahu, Anda dan pasangan berjodoh atau tidak.

Wisata palak siring yang merupakan irigasi peninggalan zaman penjajah, terletak di kelurahan Kemumu, Kecamatan Arma Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara. Selain terkenal dengan tangga 1.000, Air Terjun, Mekarnya Bunga Raflesia dan bendungan yang memanjang mirip dengan dam. Kali ini, wisata palak siring dihiasi dengan bermacam kreasi unik dari para pemuda setempat.

Selain menikmati air terjun, ada objek wisata lain yang menjadi alternatif yaitu ekowisata habitat bunga langka Rafflesia gadutensis.

Objek wisata 1000 anak tangga sebenarnya tidak 1000 melainkan sekitar dua ratusan. Namun, karena setiap pengunjung yang mencoba menghitung jumlah tangga tersebut hasilnya selalu berlainan, sehingga muncul istilah “Tangga Seribu”.

Bahkan, menurut cerita jika pasangan kekasih menuju lokasi tersebut menghitung anak tangga dengan hitungan yang sama maka mereka bisa jadi berjodoh hingga jenjang pernikahan. Entah benar atau tidak sebab cerita ini hanya sebuah mitos.

Kawasan wisata Palak Siring Kemumu merupakan objek wisata andalan di Kabupaten Bengkulu Utara. Lokasi tersebut dapat juga dijangkau dengan berkendara selama kurang lebih satu jam setengah menggunakan sepeda motor dari Kota Bengkulu. Selain disuguhi pesona air terjun Palak Siring, di objek wisata itu juga ditemukan lima spot atau lokasi habitat bunga langka Rafflesia gadutensis serta menyaksikan berbagai bangunan peninggalan penjajahan Belanda.

Konon pada masa penjajahan Belanda tangga tersebut dibuat sebagai jalur transportasi menuju irigasi induk milik Belanda. Hingga kini bangunan tangga tersebut masih dapat digunakan. Kemudian pengunjung bisa mandi di hamparan air yang dikelilingi bebatuan yang indah. Jadi meski cukup letih menuruni tangga objek wisata ini letih anda akan terbalaskan, hamparan batu berukuran besar terhampar dan air sungai jernih mengalir sejuk. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: