Musrenbangdes 2024, Warga Desa Tanah Hitam Kompak Usul Pembangunan Jalan

Musrenbangdes 2024, Warga Desa Tanah Hitam Kompak Usul Pembangunan Jalan

Kegiatan musrenbang di Desa Tanah Hitam--

PADANG JAYA, RU.ID - Pemerintah Desa Tanah Hitam, Kecamatan Padang Jaya kembali menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbangdes) untuk merumuskan usulan prioritas pembangunan Desa Tanah Hitam di tahun 2024.

Prioritas usulan ini meliputi usulan pembangunan di bidang Infrastruktur, peningkatan ekonomi dan sosial budaya yang tidak dapat diakomodir melalui Dana Desa (DD). Dalam kegiatan yang melibatkan unsur masyarakat serta dihadiri Tripika Kecamatan Padang Jaya itu dilakukan musyawarah serta penyerapan aspirasi dari masyarakat untuk menjadikan Desa Tanah Hitam lebih baik lagi. 

Kepala Desa Tanah Hitam, Dedi Mayurat menuturkan, meski dirinya baru menjabat kepala desa, pihaknya meyakini apa yang dimusyawarahkan bisa direalisasikan dan masuk dalam program pembangunan pemerintah daerah.


Kondisi jalan poros atau jalan utama Desa Tanah Hitam yang menjadi usulan prioritas--

Ia menjelaskan, Musrenbangdes adalah agenda untuk memilah program dan diusulkan melalui musrenbangcam. Dan ditindaklanjuti melalui proposal untuk dianggarkan yang menjadi kewenangan kabupaten maupun provinsi.

"Yang sangat menonjol adalah usulan masyarakat untuk hotmix jalan desa sepanjang 8 Kilometer. Harapan kami pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara melalui APBD di tahun 2024 bisa direalisasikan," ungkapnya.

Sementara, Ketua BPD Tanah Hitam, Hardianto yang memimpin jalannya musyawarah menjelaskan, peserta yang hadir mewakili masyarakat agar memprioritaskan program yang diusulkan ke tingkat kecamatan, diantaranya infrastruktur, sosial budaya.

"Di musrenbang kali ini jangan bosan-bosan untuk terus meminta usulan, karena prioritas kita adalah infrastruktur jalan, kami yakin kedepannya baik Pemda Bengkulu Utara maupun Provinsi Bengkulu memikirkan jalan kami," jelasnya.

Camat Padang Jaya, Maman Suherman yang hadir sekaligus membuka musrenbangdes menyampaikan, musyawarah tersebut adalah kegiatan rutin yang digelar setiap tahunnya oleh masing-masing desa yang diselenggarakan oleh BPD. Untuk pembangunan jalan merupakan prioritas kebutuhan masyarakat setiap tahun yang diperjuangkan, khususnya di Desa Tanah Hitam. 

"Di kabupaten ada banyak program, tidak hanya infrastruktur saja. Sehingga banyak kemungkinan usulan kita bisa dikreasikan melalui program lainnya," ungkapnya.


Rangkaian kegiatan musrenbang Desa Tanah Hitam--

Tidak hanya itu, pihaknya meminta kepada kades untuk menjalin komunikasi ke setiap OPD, sehingga pemdes dengan Dinas adanya sinergi dan apa yang sudah diprogramkan oleh desa bisa direalisasikan oleh dinas.

Hadir dalam kegiatan ini, Camat Padang Jaya, Maman Suherman, S.STP, Bhabinkamtibmas Polsek Padang Jaya, Sukron, Kepala Desa, Dedi Mayurat, Ketua BPD, Ketua PKK, Pendamping Desa, PLD, Sekdes beserta perangkat serta tokoh masyarakat di Desa Tanah Hitam. (adv)

Prioritas usulan Musrenbangdes Tanah Hitam Tahun 2024:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: