Lorong Watu, Destinasi Wisata Air Pelepas Penat

Lorong Watu, Destinasi Wisata Air Pelepas Penat

Wisata Lorong Watu yang memiliki air jernih--

ARGA MAKMUR, RU.ID - Destinasi wisata yang satu ini merupakan salah satu destinasi yang bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Berada di Desa Kemumu, Kecamatan Arma Jaya, Bengkulu Utara, Wisata Lorong Watu menawarkan wisata alam yang menyejukkan mata. 

Di tempat ini Anda bisa melihat bebatuan di kedua sisinya, dengan air yang sangat jernih, sejuk dan sangat dingin mengalir di tengahnya. Kondisi alam yang jarang terjamah oleh manusia membuat berwisata di tempat ini menyatu dengan alam. 

Dibutuhkan sekitar 2 jam untuk mencapai tempat ini dari kota Bengkulu dengan sepeda motor atau mobil. Saat sampai di Kemumu, Anda bisa pergi ke lapangan yang jaraknya sekitar seribu anak tangga, atau ke air terjun Kemumu. Di tempat ini Anda bisa bertanya sola akses menuju lorong watu.

Anda akan menemukan tanjakan di setiap perjalanan. Setibanya di Gerbang Lorong Watu, setiap pengunjung dikenakan biaya Rp5.000 per orang. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan melintasi jembatan gantung sepanjang kurang lebih 60 meter. Perjalanan yang menegangkan ini tetap menyenangkan karena lingkungan alamnya. 


Di lokasi ini banyak spot foto alami yang sangat keren--

Jika Anda mendengar suara air yang memancar samar, dan semakin lama suaranya, semakin jelas. Tanda sudah dekat. Dan tempatnya tidak terlalu jauh dari jembatan gantung. 

Daya tarik utama Lorong Watu tentunya berenang di air sungai yang jernih sambil menikmati sejuknya alam. Tempatnya sangat terbuka, sehingga sinar matahari menembus kulit dengan leluasa. Berendam dan bermainlah di air karena Lorong Watu tidak memungkinkan Anda untuk menyelam atau melompat dari ketinggian. 

Perjalanan pun dapat Anda lanjutkan ke hulu menuju “Lorong Watu yang sebenarnya”. Ini adalah tempat berenang yang terletak di lorong-lorong yang kiri kannya tebing batu alam yang mempesona.

Airnya jernih dan dingin sehingga mata memandang ke dasar sungai yang dalamnya sekitar 2 meter. Pengunjung bisa berenang atau melompat di bebatuan di tepi sungai. 

Lorong Watu aman untuk anak-anak namun tetap memerlukan pengawasan orang tua. Anak-anak dapat bermain di air dengan kedalaman kurang dari setengah meter.

Menurut pemandu wisata Febryansah, cukup mudah untuk menuju ke desa Kemumu. Pengunjung bisa memilih berbagai moda transportasi di Bengkulu, baik kendaraan bersama maupun sewa. 

“Dari Arga Makmur bisa naik ojek atau angkutan umum,” ujarnya. 


Anda bisa juga berenang dan mandi sepuasnya dengan airnya yang sangat jernih dan dingin alami--

Pemilik kendaraan pribadi cukup membayar Rp10 ribu untuk parkir mobil di pekarangan orang. Wisata Lorong Watu demikian mendatangkan keuntungan ekonomi bagi warga sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: