Peredaran Pupuk Palsu Patut Diwaspadai Petani

Peredaran Pupuk Palsu Patut Diwaspadai Petani

Ilustrasi pupuk palsu--

MARGA SAKTI SEBELAT RU.ID- Menjamurnya kehadiran produk pupuk kimia baru patut menjadi perhatian bagi petani. Jangan sampai kebijakan pemerintah dalam membatasi peredaran pupuk subsidi saat, ini dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab dengan cara menjual pupuk kimia palsu hingga menimbulkan kerugian kepada petani.

"Kesulitan yang dialami oleh petani kita khususnya di sektor perkebunan saat ini untuk mendapat pupuk kimia subsidi jangan sampai dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab dengan cara menjual produk pupuk kimia palsu. Petani atau masyarakat harus lebih waspada," ungkap salah satu kios pupuk di Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS), Waskito.

Dikatakan Waskito, sebelum membeli pupuk kimia produk keluaran terbaru di pasaran. Sebaiknya masyarakat atau petani lebih awal memperhatikan harga, legalitas distributor dan mencari informasi pembanding untuk memastikan apakah kandungan pupuk kimia baru yang ditawarkan oleh sejumlah produsen itu benar-benar asli.

"Jangan tergiur oleh harga murah, sebelum membeli pastikan dulu legalitas distributornya dan mencari informasi pembanding untuk meyakinkan bahwa produk pupuk yang dimaksud benar-benar asli," imbaunya.

Lebih jauh, Waskito menyarankan, untuk mengindari peredaran pupuk palsu. Masyarakat atau petani bisa mendatangi atau menjangkau kios-kios pupuk resmi terdekat.

"Lebih amannya lagi, kita sarankan kepada petani atau masyarakat bisa datang ke kios pupuk resmi terdekat. Melalui kios resmi itu masyarakat bisa mendapat informasi lebih jelas tentang produk-produk pupuk mana saja yang asli dan palsu," demikian Waskito. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: