Tingkatkan Kemampuan, Prajurit Lanal Bengkulu Latihan Selam Dasar

Tingkatkan Kemampuan, Prajurit Lanal Bengkulu Latihan Selam Dasar

Prajurit Lanal saat mengikuti latihan selam dasar--

BENGKULU RU.ID – Prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu, Rabu (23/11) mengikuti latihan selam dasar. Latihan yang dibuka langsung Danlanal Bengkulu, Letkol Laut (P). Nyoman Gede Pradnyana AS di Mako Lanal Bengkulu tersebut, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para prajurit Lanal.

"Kegiatan latihan selam dasar yang dilaksanakan prajurit kita ini merupakan bagian dari Latihan Operasi Matra Laut yang bertujuan untuk memelihara, meningkatkan profesionalisme dan menguji kemampuan prajurit secara individu guna mencapai kemampuan standar prajurit TNI AL yang tangguh, profesional dan modern," ungkap Nyoman.

Menurutnya, dalam latihan selam dasar ini, para prajurit diberikan beberapa materi atau teori meliputi pengetahuan selam dasar.

"Bukan hanya itu, tetapi juga pengetahuan atau pengenalan peralatan selam dan juga tata cara penggunaannya. Latihan ini berlangsung selama tiga hari, dan hari ini (kemarin, red) merupakan hari terakhir," kata Nyoman.

Lebih jauh dikatakannya, kegiatan latihan selam dasar ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan prajurit dalam menyelam.

Kemampuan menyelam merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki prajurit TNI AL, terutama bagi prajurit yang berdinas di Kapal Republik Indonesia (KRI) atau Kapal Angkatan Laut (KAL).

“Kemampuan selam dasar sangat bermanfaat dan berguna salah satunya dalam pengecekan rutin bangunan kapal bawah air. Termasuk bagian kemudi, propeler dan peralatan navigasi ataupun dalam situasi darurat seperti kebocoran kapal. Sehingga latihan ini merupakan langkah awal antisipasi kerusakan kapal," demikian Nyoman. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: