Kontrol Kondisi Wujudkan Peningkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Kontrol Kondisi Wujudkan Peningkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Sosialisasi implementasi dalam rangka membangun sinergi bakti TNI--

BENGKULU RU.ID - Dalam mewujudkan program terpadu yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup, kontrolitas terhadap kondisi masyarakat secara berkesinambungan dinilai penting.

Ini disampaikan Komandan Korem 041/Garuda Emas, Brigjen TNI. Dr. A. Budi Handoyo, M.Tr(Han) melalui Kasiter Kasrem, Kolonel Inf. Arif Dipayana, S.Ip, MM, Senin (7/11).

Menurutnya, dengan mengontrol kondisi masyarakat, target dari pelaksanaan program terpadu peningkatan taraf hidup bisa tercapai.

"Kemudian dari kontrol itu kita bisa mengetahui sudah sejauh mana taraf hidup masyarakat meningkat," ungkap Arif dalam sosialisasi implementasi membangun sinergi bakti TNI Tersebar TA 2022 yang dipusatkan di Balai Prajurit Korem 041/Gamas.

Ia menerangkan, memperhatikan kondisi secara umum kehidupan masyarakat, dibutuhkan kontrol secara terus-menerus. Baik itu dari aspek kesehatan, ekonomi dan lainnya.

"Yang mana aspek tersebut memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lain. Misal kesehatan, masih terjadinya stunting salah satu sebabnya karena fakto ekonomi," ujar Arif.

Dilanjutkannya, sesuai UU No 34 Tahun 2004 bahwa tugas pokok TNI dapat dilakukan dengan Operasi Militer Perang (OMP)  dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Terdapat tiga tugas dalam memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya sesuai dengan sistim pertahanan semesta, membantu tugas pemerintah daerah, serta membantu menanggulangi dampak bencana alam.

"Dalam implementasinya di lapangan kita berkolaborasi antar instansi secara terpadu bekerjasama dengan membangun Kemanuggalan TNI-Rakyat. Seperti pelaksanaan kegiatan TMMD, Karya Bakti, vaksinasi, Stunting, KB Kesehatan, Baksos wilayah 3T dan Kumuh Perkotaan, TNI Manunggal Air Bersih, Ketahanan Pangan serta Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana," terangnya.

Lebih jauh dikatakannya, semuanya bentuk kegiatan itu merupakan bagian dari program unggulan KASAD, sekaligus membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah  pedesaan.

"Ini sebagai wujud kerjasama yang dilakukan  untuk meningkatkan tarap hidup agar perekonomian masyarakat dapat meningkat," singkat Arif. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: