Ingin Hasil Maksimal, KWT Giri Mulya Studi Banding Budidaya Bawang Merah ke Kepahiang

Ingin Hasil Maksimal, KWT Giri Mulya Studi Banding Budidaya Bawang Merah ke Kepahiang

Kelompok Wanita Tani (KWT) Kecamatan Giri Mulya saat belajar budidaya tanaman bawang merah di Kabawetan, Kepahiang--

KEPAHIANG RU.ID - Kelompok Wanita Tani (KWT) Kecamatan Giri Mulya, Kabupaten Bengkulu Utara terus berupaya belajar untuk meningkatkan potensi pertanian di desanya.

Hal ini diwujudkan dalam kunjungan Kecamatan Giri Mulya mendampingi pengurus Kelompok Wanita Tani (KWT) melakukan studi banding ke Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang.

Memilih Kecamatan Kabawetan sebagai lokasi studi banding karena wilayah ini merupakan tempat penghasil bawang merah dan dinilai berhasil.

Camat Giri Mulya, Katwanto S.Pd kepada radarutara.id mengatakan, studi banding bersama pengurus KWT bertujuan dalam rangka mendukung program Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara tentang pengendalian inflasi.

Untuk itu kata dia, sesuai arahan Bupati Bengkulu Utara, implementasinya KWT diminta inovatif dan produktif dalam memberdayakan rumah tangga lestari, salah satunya dengan budidaya tanaman bawang merah seperti yang dilakukan di Kabupaten Kepahiang, Sabtu (30/10/2022).

"Kegiatan ini untuk belajar, harapan kita KWT bisa memanfaatkan pekarangan dengan menanam sayuran dan bisa menghasilkan agar tidak terdampak inflasi," jelasnya.

Di lokasi studi banding, camat mengatakan, selain disambut dengan baik oleh pemerintah desa setempat, rombongannya langsung ke lapangan untuk melihat pembudidayaan bawang merah.

Hal ini dilakukan agar para peserta dapat memahami betul cara membudidayakan bawang merah mulai dari pengolahan lahan sampai ke tahap pascapanen.

"Agar lebih memahami proses pembudidayaan bawang merah, para peserta juga aktif bertanya tentang proses pengolahan, pemeliharaan, proses panen dan pascapanen," sambung camat.

Kegiatan studi banding ini merupakan pertama kalinya dilakukan oleh Kecamatan Giri Mulya, di kesempatan itu pihaknya mengucapkan terima kasih Dinas Pertanian dan BPTP Provinsi Bengkulu, atas bimbingan serta dukungannya terhadap petani di Giri Mulya, agar kedepannya dapat meningkatkan perekonomian di desa dalam bidang pertanian. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: