57 Anggota Panwascam di Bengkulu Utara Dilantik, 1 Orang Berstatus ASN

57 Anggota Panwascam di Bengkulu Utara Dilantik, 1 Orang Berstatus ASN

Pelantikan 57 anggota Panwascam yang akan bertugas selama Pemilu 2024 beberapa waktu lalu.--

ARGA MAKMUR RU.ID- Sebanyak 57 orang anggota Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Bengkulu Utara (BU), Kamis (27/10) sekitar pukul 13.00 WIB resmi. Pelantikan sendiri dilaksanakan secara langsung oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten BU, Hj Titin Sumarni, SH. 

Dari 57 anggota Panwascam yang dilantik terdapat satu orang yang berstatus sebagai ASN guru di salah satu sekolah di Kabupaten BU. Yang secara otomatis wajib cuti dari profesi guru, sampai masa jabatan Panwascam berakhir. 

Dimana nantinya anggota Panwascam akan bertugas di 19 kecamatan, dengan masa kerja terhitung sejak dilantik sampai nanti proses Pilkada tahun 2024 selesai. 

"Iya, semua persyaratan sudah sesuai prosedur dan yang bersangkutan memang diwajibkan cuti, sekurangnya 2 tahun atau sampai masa jabatan selesai," jelas Ketua Bawaslu. 

Selanjutnya, semua anggota yang dilantik harus menjalankan tugas dengan profesional dan sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan. Serta menjunjung tinggi kode etik dan netralitas pelaksanaan Pemilu 2024.

Jikapun nanti ada anggota yang mengundurkan diri, maka posisi yang bersangkutan akan langsung diisi oleh Pejabat Antar Waktu (PAW) yang memang sudah disiapkan oleh pihak Bawaslu BU.

"Baik yang mengundurkan diri atau ada alasan lainnya, dipastikan tidak akan menjadi kendala dalam proses tugas Panwascam. Karena memang prosedur pergantian akan segera dilaksanakan," lanjutnya. 

Proses pelantikan sendiri selain dihadiri oleh semua jajaran Bawaslu Kabupaten BU, juga dihadiri Wabup BU, Arie Septia Adinata, SE, M.Ap dan segenap jajaran Kepala OPD di lingkup Pemkab BU. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: