Dewan Sebut Penyu Bisa Menjadi Daya Tarik Bagi Wisatawan

Dewan Sebut Penyu Bisa Menjadi Daya Tarik Bagi Wisatawan

Ketua DPW PKS Provinsi Bengkulu, H Sujono, SP, M.Si.--

BENGKULU RU.ID - Keberadaan Penyu atau Kura-Kura Laut disebut bisa menjadi daya tarik untuk mendatangkan wisatawan ke Provinsi Bengkulu.

Demikian disampaikan Anggota Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu, H. Sujono, SP, M.Si. Menurutnya, keberadaan Penyu sebenarnya bisa mengoptimalkan potensi wisata pesisir dan laut yang ada di Provinsi Bengkulu.  

"Sejatinya Provinsi Bengkulu ini memiliki garis pantai yang cukup panjang dan luas. Hanya saja sejauh ini belum terkelola secara maksimal, baik dari sisi pariwisatanya ataupun sumberdaya lautnya," ungkap Sujono diwawancarai terkait hasil kunjungan ke Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut.

Ia menjelaskan, salah satu upaya untuk mengoptimalkan seperti sektor pariwisata, yakni dengan memanfaatkan keberadaan hewan yang dilindungi seperti Penyu.

"Dimana keberadaan Penyu ini bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Bengkulu. Namun tetap saja pengelolaannya harus dilakukan secara baik," kata Sujono.

Dari sana juga, lanjut Penyu, daerah bisa turut berperan dalam menjaga kelestarian Penyu itu sendiri. Tinggal lagi bagaimana pemangku kepentingan memanfaatkannya.

"Sebenarnya bisa diawali dengan pemetaan terlebih dahulu. Misal dengan mencari tahu kapan Penyu mendarat ke garis pantai di Provinsi Bengkulu. Setelah itu dibuatkan kalendernya," ujar Sujono.

Kalender tersebut, sambung Sujono, dipromosikan, sehingga wisatawan yang berniat melihat Penyu terjadwal. Sebenarnya ini peluang emas bagi Bengkulu ketika ingin mendongkrak potensi wisata.

"Apalagi diketahui di daerah kita ini ada kelompok-kelompok masyarakat yang fokus dan konsentrasi menjaga kelestarian Penyu," ujarnya.

Lebih jauh dikatakannya, dengan melestarikan Penyu, bukan sekedar bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan potensi wisata saja, tetapi juga sumberdaya laut itu sendiri.

"Karena Penyu inikan pemakan ubur-ubur. Ketika ubur-ubur semakin banyak, anak-anak ikan terancam. Jadi dengan melestarikan Penyu, juga menjaga keberlangsungan ekosistem laut," singkat Sujono. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: