Antisipasi Penyakit Berbasis Lingkungan, Pemdes Suka Medan Canangkan Program Jumat Bersih

Antisipasi Penyakit Berbasis Lingkungan, Pemdes Suka Medan Canangkan Program Jumat Bersih

Pemdes Suka Medan bersama TNI dan Polri agendakan Jumat bersih untuk mencegah penyakit berbasis lingkungan. --

MARGA SAKTI SEBELAT RU.ID- Guna mencegah timbulnya serangan penyakit berbasis lingkungan. Pemdes Suka Medan, Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS) adakan kegiatan inovatif “Jumat Bersih”. Kegiatan Jumat Bersih, ini sengaja dicanangkan sesuai dengan keadaan kebersihan lingkungan yang saat ini kerap luput dari perhatian masyarakat yang setiap hari harus sibuk bekerja atau melaksanakan rutinitasnya.

Padahal lingkungan akan lebih baik jika semua lapisan masyarakat sadar dan bertanggung jawab akan kebersihan di lingkungan setiap tempat tinggalnya. Di sisi lain inisiatif kegiatan, ini muncul juga mengingat kebersihan sangat penting bagi kesehatan. Karena dengan lingkungan yang bersih penyebaran penyakit berbasis lingkungan bisa lebih ditekan atau dicegah.

Adapun kegiatan yang dilakukan Pemdes Suka Medan dengan menggerakkan seluruh lapisan masyarakat di masing-masing wilayah dusunnya pada agenda Jumat Bersih ini, diantaranya membersihkan saluran drainase, memangkas semak belukar pada area fasilitas umum hingga membersihkan barang-barang bekas yang dapat memicu timbulnya penyakit berbasis lingkungan khususnya serangan virus DBD oleh nyamuk.

Kades Suka Medan, Rostam mengatakan, penciptaan lingkungan yang bersih adalah tanggung jawab semua orang termasuk masyarakat desa serta perangkat desa itu sendiri.

Untuk itu, sangat penting kata Kades, kegiatan gotong royong bertema Jumat Bersih, ini dapat terprogram dan dilaksanakan secara terjadwal disetiap minggunya. Selebihnya kata Kades, kegiatan ini juga sebagai acuan masyarakat desa tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

“Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan berpengaruh besar terhadap kesehatan. Sehingga mulai saat ini kita akan berusaha mengajak masyarakat untuk sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan yakni dengan melaksanakan aksi gotong royong bersih lingkungan setiap hari Jumat,” ujar Kades.

Melalui agenda rutin “Jum’at Bersih” ini, Kades berharap, masyarakat akan membiasakan diri disiplin menjaga kebersihan lingkungan. Selain itu, hal ini juga bisa dijadikan oleh masyarakat sebagai pola hidup sehat baru. Dan bukan hanya sekedar seremonial semata, tetapi harus terlaksana secara terjadwal dan rutin. 

"Kami dari desa berkomitmen menjadikan kebiasaan pola hidup baru melalui agenda Jumat Bersih ini, sebagai program rutin dan diharapkan kegiatan ini bisa diikuti oleh seluruh intansi maupun sekolah yang ada di desa," demikian Kades. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: