Desa Dihimbau Lakukan Uji Laboratorium Terhadap Kualitas PH Air Pamsimas

Desa Dihimbau Lakukan Uji Laboratorium Terhadap Kualitas PH Air Pamsimas

--

PINANG RAYA RU.ID- Camat Pinang Raya, M Irfan, S.Sos, mengakui. Bahwa tidak sedikit desa di wilayah kerjanya yang telah sukses merealisasikan program Pamsimas dalam rangka untuk mencukupi kebutuhan air bersih masyarakatnya.

Dan dipastikan Camat, seluruh Pamsimas yang ada di setiap desa telah beroperasi dan sudah dapat dimanfaatkan oleh masyarakatnya. Namun di sisi lain, Camat, tak lupa menghimbau kepada seluruh desa yang telah memiliki dan mengoperasikan fasilitas Pamsimasnya agar dapat menjamin mutu atau kualitas air yang dihasilkan dari setiap fasilitas Pamsimasnya, itu.

Minimal kata Camat, uji laboratorium terhadap kadar atau kualitas PH air patut dilakukan. Agar air yang diproduksi dan didistribusikan ke masyarakat melalui fasilitas Pamsimas benar-benar terjamin untuk kesehatan masyarakat yang mengkonsumsinya.

"Sebagian sudah ada yang melakukan uji terhadap kadar PH airnya. Tapi sebagian juga masih ada desa yang belum melakukannya," ungkap Camat.

Kendati lanjut Camat, secara fisik air tidak berbau dan tidak berwarna keruh. Ada baiknya uji laboratorium kepada kandungan PH air yang berasal dari saluran Pamsimas tetap dilakukan oleh desa.

"Sebagian desa meyakini ketika kondisi fisik air tidak berbau dan keruh, mereka anggap layak dikonsumsi. Tapi ada baiknya keyakinan, itu didukung oleh data ilmiah dengan cara melakukan uji laboratorium. Supaya kandungan air yang digunakan oleh masyarakat setiap hari, itu benar-benar aman," imbaunya.

Lebih jauh, dikatakan Camat, uji laboratorium dapat diakses sewaktu-waktu oleh desa kepada laboratorium yang dimiliki oleh Dinkes BU melalui peran petugas di Puskesmas.

"Saya rasa jika desa mau melakukan uji laboratorium terhadap kadar PH air Pamsimasnya bisa berkoordinasi dengan petugas di Puskesmas. Kami juga berharap masing-masing Puskesmas dapat memberi edukasi kepada setiap desa binaannya tentang hal, ini," demikian Camat. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: