25.000 Bibit Sawit dari Pemerintah Bisa Diakses Masyarakat Lewat Proposal

25.000 Bibit Sawit dari Pemerintah Bisa Diakses Masyarakat Lewat Proposal

Ilustrasi Bibit sawit--

KETAHUN RU.ID- Kepala UPTD Pembibitan Dinas Perkebunan BU, Giarto, S.AP, mengatakan. Bahwa program pemerintah daerah BU untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di bidang perkebunan kelapa sawit dengan melalui penyediaan bibit berkualitas masih terus berproses.

Teranyar kata Giarto, 25.000 bibit kelapa sawit yang akan di sediakan oleh pemerintah daerah untuk masyarakat, ini sudah mulai memasuki masa semai kecambah oleh petugas di UPTD Pembibitan yang berpusat di Kecamatan Ketahun.

Rencananya diungkapkan Giarto, bibit kelapa sawit berkualitas dari UPTD, ini layak didistribusikan kepada masyarakat setelah berumur 10 bulan.

"Kecambah 25.000 bibit kelapa sawit yang ada di UPTD baru saja disemai di dalam polibag. Selanjutnya bibit, ini akan kita distribusikan ke masyarakat setelah umurnya sampai 10 bulan," ungkapnya.

Untuk tekhnis pendistribusian bibit kelapa sawit, ini nanti diterangkan Giarto, akan dilakukan berdasarkan usulan proposal dari desa kepada Dinas Perkebunan BU.

Selanjutnya kewenangan Dinas Perkebunan BU kata Giarto, yang berhak memploting bibit kelapa sawit, itu sesuai proposal pengajuan yang disampaikan oleh setiap desa.

"Pendistribusian ke masyarakat akan dilaksanakan berdasar proposal usulan dari desa. Nanti tergantung berapa banyak permintaan dari setiap desa. Yang berhak memploting bibit tersebut kepada setiap kelompok adalah Dinas Perkebunan BU," ungkapnya.

Diharapkan Giarto, bibit kelapa sawit berkualitas yang difasilitasi oleh Pemkab BU, ini nantinya bisa membantu peningkatan produksi petani kelapa sawit di masing-masing desa.

"Dengan adanya bibit yang disediakan oleh pemerintah daerah, ini minimal produksi petani bisa jauh meningkat dibanding mengandalkan hasil produksi dari tanaman kelapa sawit yang sebelumnya menggunakan bibit asal-asalan. Dan ketika produksi meningkat, maka secara otomatis pendapatan petani atau masyarakat akan bertambah," demikian Giarto. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: