Pelatihan Penyusunan RPJMDes, Desa Talang Tua Siap Membangun

Pelatihan Penyusunan RPJMDes, Desa Talang Tua Siap Membangun

Peserta pelatihan dan narasumber penyusunan RPJMDes Talang Tua di hari pertama--

PADANG JAYA RU.ID - Pemerintah Desa Talang Tua, Kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara menggelar Pelatihan dan Bimbingan Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) selama dua hari di Kantor Desa Talang Tua, dimulai Senin (26/9/2022) hingga Selasa (27/9/2022).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Desa Talang Tua, Yuzuardiyanto, serta menghadirkan narasumber Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa (TA-PMD)  Bengkulu Utara, Alfian, ST, Camat Kecamatan Padang Jaya, Maman Suherman, S.STP, Dinas pemberdayaan Masyarakat Desa Bengkulu Utara, Pendamping Desa dan diikuti Tim Penyusun RPJMDes yang terdiri dari 11 unsur di desa.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Talang Tua, Yuzuardiyanto mengatakan, sebagai kepala desa yang baru, pihaknya menginginkan penyusunan RPJMDes yang benar-benar sesuai keinginan masyarakat, agar pembangunan di desanya berjalan dengan baik dan mampu mencapai tujuan kemajuan desa sesuai harapan selama ini.


Peserta pelatihan dan narasumber penyusunan RPJMDes Talang Tua di hari kedua--

"Dari kegiatan musyawarah dusun yang sudah dilaksanakan, saya melihat banyak aspirasi yang realisasinya ditunggu oleh warga. Semoga dengan pelatihan penyusunan RPJMdes ini membuat arah kebijakan enam tahun kedepan terarah dan sesuai dengan harapan warga," jelasnya.

Lanjut Kades, Tim Penyusun RPJMdes harus memahami data SDGs untuk disinkronkan dengan perencanaan pembangunan desa, misalnya soal pengelolaan BUMDes, yang semuanya didasarkan pada hasil kajian keadaan desa.

"Sehingga outuputnya, kita memiliki RPJMDes yang menjadi tolok ukur pembangunan Desa Talang Tua selama 6 tahun kedepan. Apalagi, kita semua menginginkan Desa Talang Tua menjadi desa yang maju, mandiri dan berkembang," ungkapnya.

Ditegaskan Yuzuardiyanto, prioritas pembangunan yang akan dirumuskan melalui RPJMDes akan mengacu kepada kepentingan masyarakat. Tak hanya itu, usaha milik desa akan digenjot untuk mengembangkan usahanya sehingga ada Pendapatan Asli Desa (PADes) di Desa Talang Tua.

"Seperti halnya data desa, saat ini masih banyak yang belum terupdate. Sementara semuanya perlu disinkronkan ke data SDGs. Prioritas kami, desa ini memiliki PADes dan pemerataan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat," lanjutnya.


Kepala Desa Talang Tua, Yuzuardianto saat memberikan wejangan agar peserta pelatihan serius mengikuti kegiatan dan mampu menyerap ilmu yang diberikan narasumber--

Sementara Camat Padang Jaya, Maman Suherman, S.STP menjelaskan, saat ini ada sembilan desa yang tengah melakukan pelatihan penyusunan RPJMDes, meski jadwal pembinaan digilir oleh kabupaten, pihaknya menyakini proses tahapan penyusunan dokumen akan sesuai dan tepat waktu.

"Jadwal dari kabupaten, mudah-mudahan dokumen yang akan dilakukan oleh tim penyusun di masing-masing desa dalam Kecamatan Padang Jaya berjalan tepat waktu, dan program yang direncanakan selama enam tahun kedepan sesuai visi dan misi kepala desa serta arah pembangunan seperti harapan kita bersama," demikian Camat. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: