Alsintan Disalurkan, Jonaidi: Tingkatkan Produktifitas Pertanian

Alsintan Disalurkan, Jonaidi: Tingkatkan Produktifitas Pertanian

Penyaluran bantuan Alsintan.--

BENGKULU RU.ID - Bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu, Selasa (27/9) disalurkan kepada petani Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kota Bengkulu. Dengan penyaluran tersebut diyakini dapat meningkatkan produktifitas pertanian, sehingga memberikan dampak positif tumbuhnya ekonomi para petani.

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu, Jonaidi, SP, MM mengatakan, sebelumnya untuk Alsintan ini memang dianggarkan dalam APBD Provinsi Bengkulu Tahun Anggaran (TA) 2022.

"Alhamdulillah hari ini (kemarin, red) bantuan Alsintan disalurkan kepada petani, walaupun baru dua kabupaten/kota. Kabupaten lain dilakukan secara bertahap," ungkap Jonaidi.

Menurutnya, bantuan Alsintan ini diserahkan melalui kelompok tani (Poktan) yang sudah diverifikasi sebagai Calon Penerima Calon Lokasi (CPCL).

"Terpenting harapan kita bantuan ini bisa meningkatkan produktivitas pertanian melalui dukungan peralatan yang dibutuhkan petani. Ketika produktifitas pertanian meningkat, ekonomi petani bisa tumbuh," ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya berharap bantuan peralatan seperti ini bisa kembali dianggarkan, termasuk juga kebutuhan bibit dan pupuk bagi para petani.

"Untuk petani yang membutuhkan kita dorong untuk mengajukan proposal melalui penyuluh, ataupun langsung ke Dinas TPHP dan juga kita di DPRD Provinsi Bengkulu," ujarnya yang turut menghadiri penyerahan Alsintan.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah mengatakan, ada beberapa bantuan Alsintan yang disalurkan yakni hand tractor, hand sprayer elektrik, mesin air, dan terpal untuk menjemur hasil pertanian para petani.

"Bantuan seperti ini kita salurkan secara bertahap," demikian Rohidin. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: