Rencanakan Pembangunan, Pemdes Sido Mukti Gelar Pelatihan RPJMDes

Rencanakan Pembangunan, Pemdes Sido Mukti Gelar Pelatihan RPJMDes

Pemerintah Desa Sido Mukti menggelar pelatihan penyusuan RPJMDes--

PADANG JAYA RU.ID - Pemantapan perencanaan untuk mencapai sasaran pembangunan strategis dalam enam tahun kedepan, Pemerintah Desa Sido Mukti, Kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara menggelar pelatihan dan bimbingan untuk Tim Penyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), pada Rabu (14/9/2022).

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Desa Sido Mukti, Suyanto S.IP dengan diikuti Tim Penyusun RPJMDes Desa Sido Mukti dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Dalam sambutannya Suyanto menghimbau agar seluruh peserta yang hadir dapat mengikuti pelatihan dengan baik. Menurutnya, melalui pelatihan ini diharapkan Tim Penyusun RPJMDes Sido Mukti dapat membuat rencana pembangunan desa enam tahun kedepan yang terarah dan manfaatnya dirasakan masyarakat.

"Saya berharap kepada Tim Penyusun RPJMDes untuk fokus dalam mengikuti pelatihan ini dengan memperhatikan setiap materi yang akan disampaikan oleh narasumber," pesannya.


Penyusun RPJMDes Sido Mukti mengikuti pelatihan dan penjelasan narasumber dengan serius--

Dalam pelatihan ini, Kades menjelaskan peserta diberikan materi tentang tata cara penyusunan RPJMDes, evaluasi pengkajian keadaan desa, tahapan-tahapan penyusunan RPJMDes dan cara pengisian form-form sesuai Permendes 21 Tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, yang diselaraskan dengan arah kebijakan pembangunan pemerintah daerah dan visi misi kepala desa.

"Tahapan ini merupakan langkah awal perencanaan, dan menjadi tolak ukur untuk kemajuan pembangunan Desa Sido Mukti kedepan," terangnya.

Hadir sebagai narasumber dalam pelatihan ini, Camat Padang Jaya, Maman Suherman S.STP, narasumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bengkulu Utara, Seno Bayu Aji S.STP serta Nazarudin sebagai Tenaga Ahli Kabupaten Bengkulu Utara. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: