Pembangunan Terarah, Pemdes Pagar Banyu Gelar Pelatihan RPJMDes 2023/2028

Pembangunan Terarah, Pemdes Pagar Banyu Gelar Pelatihan RPJMDes 2023/2028

Pelatihan dan bimbingan penyusunan RPJMDes di Kantor Desa Pagar Banyu--

ARMA JAYA RU.ID - Pemerintah Desa Pagar Banyu, Kecamatan Arma Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara menggelar pelatihan dan bimbingan penyusunan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) berbasis SDGs tahun 2023/2028, Sabtu (24/9) di Kantor Desa Pagar Banyu.

Kepala Desa Pagar Banyu, Isiyandi dalam sambutannya menyampaikan, tujuan diadakan pelatihan RPJMDes untuk meningkatkan kapasitas perangkat desa dan Tim Penyusun RPJMDes, agar dalam penyusunan dokumen perencanaan desa sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan pemerintah.


Kepala Desa Pagar Banyu, Isiyandi dan narasumber memberikan wejangan dan materi dalam pelatihan penyusunan RPJMDes--

"Tentu penyusunan RPJMDes juga harus sesuai dengan visi misi kepala desa. Agar pembangunan desa terarah. Sesuai harapan pemerintah dan mengakomodir keinginan masyarakat," ungkapnya.

Tak hanya itu, Isiyandi berpesan pada seluruh peserta pelatihan, ketika ada sesuatu yang belum dipahami oleh peserta, agar tak sungkan-sungkan menanyakannya pada narasumber yang telah didatangkan oleh pemerintah desa.

"Jangan sampai ada keragu-raguan. Agar jelas, ditanyakan. Saya juga berpesan, apa-apa yang menjadi harapan masyarakat, disinkronkan dengan pedoman yang ada, untuk direalisasikan sebagai acuan pembangunan kedepan," lanjutnya.


Peserta saat mengikuti pelatihan penyusunan RPJMDes Pagar Banyu--

Sementara, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kasi PMD) Kecamatan Arma Jaya, Tamrin berharap, dari pelatihan ini, peserta dapat menghasilkan dokumen RPJMDes yang berorientasi pada kepentingan masyarakat desa.

"Secara umum, RPJMDes ini adalah acuan pembangunan yang akan digunakan oleh pemerintah desa dalam pembangunan 6 tahun mendatang. Maka, ini harus disusun secara baik, rinci, berorientasi pada kepentingan warga desa dengan pedoman-pedoman yang sudah ditetapkan oleh pemerintah," tegasnya.

Dalam kegiatan pelatihan ini, Pemerintah Desa Pagar Banyu mendatangkan narasumber, diantaranya, Kasi PMD Arma Jaya, Pendamping Desa, Tenaga Ahli dengan diikuti oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pagar Banyu, Perangkat Desa. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: