Tanggung Beasiswa 26 Persen Pelajar, Kualitas SMKN 5 Bengkulu Utara Meningkat

Tanggung Beasiswa 26 Persen Pelajar, Kualitas SMKN 5 Bengkulu Utara Meningkat

Pelajar SMK Negeri 5 Bengkulu Utara saat praktik otomotif--

KETAHUN RU.ID - Inovasi dan kebijakan yang ditempuh oleh Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK N) 5 Bengkulu Utara, yang berada di Kecamatan Ketahun memberi dampak positif bagi kelangsungan pendidikan di Provinsi Bengkulu.

Hal ini terbukti dari kemampuan SMKN 5 Bengkulu Utara yang menanggung biaya pendidikan 26,60 persen pelajar yang berasal dari keluarga miskin atau kalangan tidak mampu di sekolah ini, melalui program beasiswa yang diadakan oleh pihak sekolah.

Atas kebijakan itu, 26,60 persen pelajar di SMKN 5 Bengkulu Utara baik dari kelas X sampai kelas XII berhasil mendapatkan hak pendidikannya secara gratis. 

Kepada RadarUtara.ID, Kepala SMKN 5 Bengkulu Utara, Isrizal, M.Pd, mengatakan, program beasiswa gratis yang diberikan pada 26,60 persen pelajar di sekolahnya sudah berjalan sejak tahun ajaran (TA) 2022/2023. 

Diterangkan Isrizal, kebijakan ini dapat dijalankan hingga berdampak positif secara langsung terhadap pelajar. Atas dukungan penuh itulah, sekolah bisa menjamin kelangsungan pendidikan bagi siswa/i yang berprestasi maupun siswa/i yang lahir dari keluarga tidak mampu. 

Dengan demikian, Isrizal memastikan, tidak ada alasan lagi bagi orang tua atau pribadi pelajar untuk tidak sekolah.

"Bahkan untuk seragam olah raga siswa kita berikan secara gratis kepada seluruh siswa/i. Ini bisa diberikan oleh sekolah tidak terlepas dari dukungan serta sinergi dengan wali murid melalui Komite, guru atau tenaga didik yang ada di lingkungan sekolah. Sehingga ditengah beban yang harus dihadapi oleh sekolah kejuruan, kita tetap bisa memberikan yang terbaik untuk kelangsungan belajar siswa/i dengan tetap menjaga kualitas pendidikan," tegasnya.

Kebijakan ini juga ternyata mampu mendongkrak kualitas belajar mengajar melalui fasilitas pendidikan yang dimiliki oleh setiap kejuruan yang ada. Sehingga pelajar dari sekolah ini memiliki kesiapan yang cukup matang untuk bersaing dengan sekolah pada umumnya.

"Selain fokus terhadap program beasiswa. Kami juga fokus pada peningkatan kualitas pendidikan. Dan itu bisa kita buktikan melalui fasilitas pendidikan di setiap kejuruan kita miliki. Semua kejuruan memiliki fasilitas dan tenaga didik yang sangat memadai dan sangat siap untuk bersaing dengan sekolah lainnya," pungkasnya. *

Sumber: