Karang Taruna Diminta Kreatif, Produktif dan Melek Teknologi

Karang Taruna Diminta Kreatif, Produktif dan Melek Teknologi

Ketua Ketua Karang Taruna Bengkulu Utara, Andaru Pranata saat memberikan materi pelatihan untuk anggota Karang Taruna se-Kecamatan Padang Jaya--

PADANG JAYA RU.ID - Memupuk semangat kepemudaan untuk menjadi pelopor di organisasi yang kuat secara fisik dan mental merupakan tujuan Karang Taruna di era serba digital. Menyikapi hal ini, pengurus Karang Taruna se-Kecamatan Padang Jaya mewakili masing-masing desanya hadir sekaligus berdiskusi dengan Ketua Karang Taruna Bengkulu Utara, Andaru Pranata, SE, di Aula Desa Padang Jaya, Senin (19/9/2022).

Ketua Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) Kecamatan Padang Jaya, Sumaryono mengatakan, selain memupuk jiwa kepemimpinan dalam berorganisasi, kegiatan ini juga digelar dalam rangka menumbuhkan semangat jiwa pemuda untuk calon generasi pemimpin mendatang. Menurut Sumar, banyak sekali manfaat yang bisa diambil dalam kegiatan ini. Diantaranya diskusi bareng dengan narasumber dari masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD), tujuannya untuk kolaborasi apik kegiatan kepemudaan di masing-masing desa.

"Lewat agenda ini, kami punya tujuan agar teman-teman pemuda potensinya semakin diasah. Siapa tahu nanti Karang Taruna menjadi pelopor bangsa ini adalah pemuda, jadilah estafet kepemimpinan di masa mendatang," jelasnya.

Sementara, Ketua Karang Taruna Kabupaten Bengkulu Utara, Andaru Pranata, SE, menjelaskan, diadakannya pelatihan tersebut juga untuk meningkatkan tumbuhnya ekonomi lokal yang selama ini lesu karena pandemi. Kata dia, banyak program dari dinas yang bisa dikolaborasikan dengan organisasi kepemudaan.


Pelatihan Karang Taruna se-Kecamatan Padang Jaya--

"Adanya kegiatan ini saya rasa menjadi salah satu upaya yang bagus untuk memulihkan kondisi saat ini. Karang Taruna sekarang jangan hanya kegiatan olahraga saja. Tapi, bagaimana agar bisa mandiri dalam memajukan organisasi kepemudaan. Banyak hal yang bisa dilakukan, misal andil dalam penanganan stunting, pencegahan seks bebas di usia dini serta berwirausaha melalui UMKM," terangnya.

Andaru menambahkan, di era digital saat ini, karang taruna harus berpikir untuk menjadikan karang taruna mandiri dan produktif.

"Mulai saat ini kami tidak ingin mendengar karang taruna meminta-minta dana ke pemerintah desa untuk membeli kostum dan alat olahraga. Saya ingin pemuda harus kreatif dan inovatif dalam mengelola anggaran dari pemerintah desa untuk dilakukan hal-hal yang positif dan menghasilkan income," lanjutnya.

Pantauan RadarUtara.ID, selain Andaru Pranata, SE, hadir juga Karang Taruna Kabupaten sekaligus mewakili dari Dinas UMKM, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas PMD, Dinas PPA. Serta Camat Padang Jaya yang diwakili oleh Sekcam, Kades dan Karang Taruna se-Kecamatan Padang Jaya. *

Sumber: