Dilaunching Lanal Bengkulu, KBN Ditargetkan Berdampak Bagi Masyarakat

Dilaunching Lanal Bengkulu, KBN Ditargetkan Berdampak Bagi Masyarakat

Danlanal didampingi unsur Forkopimda Kota Bengkulu saat meresmikan KBN di Tapak Paderi--

BENGKULU RU.ID - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu, Sabtu (3/9) melauching Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang dipusatkan di kawasan Tapak Paderi Kelurahan Kebun Keling Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu. Ditargetkan keberadaan KBN tersebut memberikan dampak positif, terutama bagi masyarakat pesisir yang berada di sekitarnya.

Komandan Lanal Bengkulu, Letkol Laut (P). Nyoman Gede Pradnyana AS mengatakan, KBN merupakan program TNI AL yang bertujuan untuk menggerakkan ekonomi masyarakat pesisir, dan pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

"Sehingga didalamnya terdapat kerjasama antara kita, Pemda, Forkopimda, insan mariti, komunitas dan masyarakat Kota Bengkulu," ungkapnya.

Menurutnya, sengaja KBN spotnya dipilih di kawasan Tapak Paderi, karena sesuai dengan perinta Kepala Staf TNI AL (KASAL), bahwa KBN harus bisa mengcover 5 kluster. Diantaranya edukasi dengan adanya rumah pintar, ekonomi termasuk UMKM dengan Produk unggulan berupa keripik dan teh Mangrove, pariwisata dengan potensi wisata Tapak Paderi.

"Yang mana disekitarnya bersebelahan dengan Cagar Budaya Benteng Marlborough. Kesehatan dengan sosialiasasi kepada masyarakat pesisir mengenai hidup sehat, dan terakhir pertahanan wilayah dengan pembinaan masyarakat nelayan sebagai garda terdepan dalam pertahanan laut khususnya di Provinsi Bengkulu ini," kata Nyoman.

Sehingga, lanjut Nyoman, program KBN identik dengan program Tentara Manunggal dengan Rakyat, ada kegiatan fisik dan non fisik.

"Kedepan kita juga berharap partisipasi dari CSR BUMN maupun Swasta. Jika ada rekan-rekan yang ingin berpartisipasi menyukseskan program ini, kita dengan senang hati untuk mendukung dan memfasilitasi," tegas Nyoman.

Sementara itu, Asisten II Setda Kota Bengkulu, Saipul Apandi mengemukakan, Pemkot beserta jajaran siap bersinergi dalam mendukung program KBN yang dicanangkan Lanal Bengkulu.

"Sehingga kedepannya KBN dapat menjadi icon wisata baru di Kota Bengkulu. Kita pastikan OPD nanti terlibat langsung dalam menyukseskan KBN ini," singkat Saipul. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: