Implementasi Kurikulum Merdeka, Guru dan Kepala Sekolah di Wilayah IV BU Ikuti Bimtek

Implementasi Kurikulum Merdeka, Guru dan Kepala Sekolah di Wilayah IV BU Ikuti Bimtek

Pemateri memberikan penjelasan implementasi kurikulum merdeka belajar--

PADANG JAYA RU.ID - Untuk mendapatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas di bidang pendidikan, pemerintah terus memacu percepatan pembaharuan secara tekhnis maupun konsep, khususnya melalui program di Kementerian Pendidikan yang diterapkan langsung pada sekolah. Hal ini dilakukan dengan pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) kepada para guru di Koordinator Wilayah (Korwil) IV Kecamatan Padang Jaya dan Giri Mulya, pada Rabu (31/8/2022) di SDN 082 Bengkulu Utara, Kecamatan Padang Jaya.

Hadir dalam kegiatan IKM, Kepala Dinas Pendidikan Bengkulu Utara, Kardo Manurung, M.Pd diwakili Kabid Pembinaan Ketenagaan, Edi Sutrisno, M.TPd, Korwil IV Padang Jaya dan Giri Mulya, Sudira S.Pd, Manajer Penerbit Andi Offset Bengkulu, Bosko Marselinus Purba, serta para kepala sekolah dan guru kelas 1 sampai 4 se-Kecamatan Padang Jaya dan Giri Mulya.

Menariknya, dalam Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar, Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkulu Utara menghadirkan langsung pemateri sekaligus penulis penerbit dari, Kemendikbud RI, Eko Adi Saputro M.Kom.

"Ini adalah bentuk kolaborasi antara Dinas Pendidikan dengan Penerbit dalam rangka mensukseskan kurikulum merdeka belajar," jelas Sutrisno.

Menurutnya, implementasi kurikulum merdeka ini pada dasarnya dilaksanakan secara mandiri. Namun kata dia, dengan hadirnya penerbit yang ingin berkolaborasi, bisa memfasilitasi hingga menghadirkan mentor nasional untuk memberikan ilmu kepada dewan guru. Apalagi, Bimtek IKM tersebut sangat penting diimplementasikan oleh semua guru atau tenaga kependidikan.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Korwil, penerbit dan semua tenaga pendidik, semoga Bimtek ini bermanfaat untuk guru dalam melaksakan tugas dan fungsinya di masing-masing sekolah," katanya.

Tim Sosialisasi Bimtek IKM yang digagas oleh Penerbit Andi Offset Bengkulu, Bosko Marselinus Purba menjelaskan, bimtek ini merupakan kegiatan untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dan seluruh sekolah harus melaksanakannya.

Kolaborasi Bimtek IKM tersebut dilakukan, katanya, agar para guru dengan mudah melaksanakan Kurikulum Merdeka, serta mempunyai gambaran dalam mengajar di sekolah dan diterima dengan baik oleh siswanya.

"Makanya kita hadirkan pemateri dari Kemendikbud RI, Eko Adi Saputro M.Kom di bimtek ini. Tujuannya, agar materi yang diserap oleh guru bisa selaras dengan keinginan pemerintah untuk menguatkan pemahaman dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka di masing-masing sekolah," pungkasnya. (mrg/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: