Zelka, Santriwati Yatim, Peraih Medali Emas

Zelka, Santriwati Yatim, Peraih Medali Emas

Kontingen atlet olahraga dari Pondok Pesantren Babussalam, Bengkulu Utara--

"Baik anggaran yang bersifat khusus, rutin maupun dalam bentuk bangunan. Dari pemerintah belum pernah kami dapatkan. Sedekah seribu, dua ribu dari masyarakat itu yang kita kumpulkan. Dan pribadi dari usaha yayasan. Kalau bantuan anggaran dari pemerintah belum pernah kami dapatkan," ungkapnya.

Sementara untuk tenaga pendidik di lingkungan Ponpes Babussalam sendiri kata Suwito, sudah cukup memadai. Khusus untuk MTs sendiri sekarang ada 20 tenaga didik yang semuanya memiliki pendidikan Sarjana linier. Kemudian untuk tenaga didik khusus di kelas Ponpes, juga telah sesuai dengan basic kelas yang ada di Ponpes dengan mendatangkan tenaga didik dari daerah jawa. Sedangkan terkait honor tenaga didik. Kata Suwito, baik, itu guru Ponpes maupun MTs hanya mengandalkan putaran uang dari SPP. 

"Terkadang ada, kadang juga tidak. Bahkan kadang sampai tiga bulan, kira baru bisa bayar honor tenaga didik di lingkungan Ponpes kita, ini. Dan kendala-kendala, itu kini masih menjadi PR besar bagi kami untuk mencari solusinya," ungkapnya.

Lebih jauh diungkapkan Suwito, selama, ini upaya untuk meminta dukungan dari seluruh jajaran terkait di pemerintahan sudah ditempuh oleh pihak yayasan. Hanya saja kata Suwito, dari rangkaian usaha yang sudah ditempuh oleh yayan, itu. Belum ada respon atau tanggapan positif dari pihak terkait. Untuk, itu Suwito, berharap, keberadaan Ponpes Babussalam, ini dapat diperhatikan juga oleh jajaran terkait di tingkat kabupaten, provinsi maupun pusat.

Mengingat minat masyarakat untuk menitipkan anaknya kepada lingkungan Ponpes sangat besar. Sementara tingginya minat dan harapan masyarakat kepada Ponpes, ini masih sangat minim dukungan yang membuat pihak Ponpes belum mampu mencukupi seluruh fasilitas pendukung yang dibutuhkan. 

"Insya Allah dari segi SDM kita sudah cukup memadai. Tinggal dukungan anggaran khusus untuk memikirkan kesejahteraan guru, penambahan fasilitas di lingkungan Ponpes yang saat, ini belum memadai. Semoga dengan prestasi-prestasi yang berhasil diraih oleh anak didik kita, ini. Kepercayaan masyarakat dan pemerintah terhadap Ponpes Babussalam dalam mencetak generasi bangsa yang berakhlak dan berprestasi bisa meningkat. Dan yang paling penting kepercayaan, itu dapat dibarengi dengan dukungan konkret dari pihak-pihak terkait," demikian Ust muda sekaligus pimpinan Ponpes Babussalam yang dikenal tak pernah lelah untuk memperjuangkan pendidikan di lingkungan Ponpes Babussalam ini. (sig)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: