Inspektorat Bengkulu Utara Sudah Periksa Kades Lebong Tandai

Inspektorat Bengkulu Utara Sudah Periksa Kades Lebong Tandai

Desa Lebong Tandai menyimpan banyak hal menarik dan sejarah yang kemajuan sebuah negara--

ARGA MAKMUR RU.ID - Menyikapi laporan warga atas dugaan penyalahgunaan Dana Desa (DD) Lebong Tandai, Kecamatan Napal Putih, Inspektorat Daerah (IPDA) Bengkulu Utara (BU) memastikan sudah melakukan pemeriksaan sesuai prosedur. Bahkan, IPDA BU memastikan sudah melakukan pemeriksaan Kepala Desa Lebong Tandai.

Seperti disampaikan Inspektur Inspektorat Bengkulu Utara, Nopri Anto Silaban, SE, M.Si, tahapan pemeriksaan sudah dilaksanakan dengan konfirmasi kepada pihak terlapor dengan melakukan pemanggilan Kepala Desa Lebong Tandai dan pelapor dalam hal ini Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Lebong Tandai beserta warga dengan datang langsung ke lapangan.

Selanjutnya, selain memeriksa kepala desa dan pelapor, Inspektorat Bengkulu Utara juga telah melakukan konfirmasi ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bengkulu Utara juga telah dilakukan.

Pasalnya, dugaan kejadian terjadi di tahun 2021 dan sudah Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPDes) sudah jadi. Namun sayangnya, jawaban yang diberikan oleh pihak DPMD sendiri masih dirasa kurang sehingga pihaknya berencana akan melaksanakan konfirmasi kembali, terkait pencatatan realisasi di APBDes Lebong Tandai.

BACA JUGA:Warga Lebong Tandai Akan Bermalam di Kantor Inspektorat Bengkulu Utara

BACA JUGA:Camat Terima SK Pemberhentian Kades Tanjung Muara

"Proses pemeriksaan masih terus berjalan sampai saat ini," ungkap Inspektur Nopri Anto Silaban saat dihubungi RadarUtara.ID melalui saluran telepon, Minggu (21/8).

Konfirmasi ke pihak DPMD BU terkait APBDes rencananya akan dilaksanakan di hari Senin (22/8) besok. 

"Rencananya besok kita akan kembali mengirimkan surat ke DPMD dan mengharapkan respon yang lebih cepat dari sebelumnya," imbuhnya. 

Sementara untuk pemeriksaan di desa sendiri rencananya akan dilaksanakan di hari Selasa atau Rabu mendatang, dengan agenda pemeriksaan langsung di lapangan terkait laporan yang sudah diterima.

"Dalam minggu depan ini memang sudah kita agendakan untuk melaksanakan pemeriksaan di lapangan secara langsung. Hari Selasa atau Rabu dengan catatan cuaca bagus," demikian Silaban. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: