Kantongi 3 Modal, DPK Bengkulu Targetkan Launching E-Arsip Bulan Depan

Kantongi 3 Modal, DPK Bengkulu Targetkan Launching E-Arsip Bulan Depan

Bimtek implementasi E-Arsip yang diikuti bidang kearsipan DPK Provinsi Bengkulu--

BENGKULU RU.ID - Provinsi Bengkulu setidaknya mengantongi tiga modal ketika mengimplementasikan kearsipan secara elektonik (E-Arsip). Demikian disampaikan Direktur Kearsipan Daerah II Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Drs. Azmi, M.Si disela-sela bimbingan teknis implementasi E-Arsip, Selasa (9/8).

"Provinsi Bengkulu ini tidak bisa kita pisahkan dari sejarah kemerdekaan RI. Makanya dalam kearsipan, daerah ini telah mengantongi tiga modal. Diantaranya situs negara, heritage atau warisan skala dunia, dan memori kolektif. Tinggal lagi bagaimana mengkolaborasikan modal tersebut," ungkap Azmi.

Menurutnya, ketika kolaborasi itu terwujud, Ia yakin saat kearsipan Provinsi Bengkulu sudah berbasis elektronik, pasti semakin banyak yang mencari ketiga modal yang dikantongi tersebut.

"Makanya kita dorong Pemprov Bengkulu melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) dapat mewujudkan E-Arsip bagian yang terintegrasi," tegasnya.

Apalagi, lanjut Azmi, aplikasi E-Arsip ini merupakan program nasional. Meskipun demikian pihaknya mengaku optimis penerapan aplikasi ini dapat diwujudkan.

"Ditambah lagi saya melihat semangat Pak Meri Sasdi sebagai Kadis juga sangat luar biasa dalam penatakelolaan kearsipan," kata Azmi dibarengi memberikan buku hasil karyanya.

Sementara itu, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M.Pd mengemukakan, sejumlah upaya bakal segera ditindaklanjuti pihaknya dalam mengimplementasikan E-Arsip terintegrasi dengan menggunakan aplikasi SRIKANDI. Bahkan pihaknya menargetkan bulan depan implementasi ini dilaunching.

"Kitapun yakin dengan Sumberdaya Manusia (SDM) yang dimiliki, target itu dapat dicapai. Tidak hanya itu, kitapun bakal memperkuat koordinasi dengan OPD lainnya di lingkungan Pemprov, sehingga kedepan dalam pengelolaan kearsipan ini mengimplementasikan E-Arsip," demikian Meri Sasdi. (tux)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: