Pembelajaran Sesuai Potensi Murid, SDN 009 BU Terapkan Kurikulum Merdeka

Pembelajaran Sesuai Potensi Murid, SDN 009 BU Terapkan Kurikulum Merdeka

--

ARGA MAKMUR RU.ID - Kurikulum Merdeka adalah kebijakan pengembangan yang menjadi langkah untuk mentransformasi pendidikan demi terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul Indonesia yang memiliki Profil Pelajar Pancasila.

Salah satu sekolah di Kabupaten Bengkulu Utara yang menerapkan Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran 2022/2023 adalah Sekolah Dasar Negeri (SDN) 009 Bengkulu Utara.

Kepala Sekolah SDN 009 BU, Sunar, S.Pd, menjelaskan, Kurikulum Merdeka memberikan kesempatan anak untuk menunjukkan potensi yang dimilikinya. Pembelajarannya berpusat pada anak didik, bukan pada guru.

Guru bisa memilih variasi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan anak atau karakter anak didik. Kurikulum Merdeka tahun pertama diterapkan untuk siswa kelas I dan IV.

"Jadi sebelum pembelajaran ada assessment diagnostik untuk mengetahui belajar siswa. Kemudian assessment formatifnya untuk proses pembelajaran juga dinilai, waktu proses pembelajaran juga dinilai. Jadi pembelajaran yang telah dilakukan oleh siswa ada evaluasi," terangnya.

Dijelaskan Sunar, alasan SDN 009 BU menerapkan kurikulum merdeka dengan tujuan agar siswa tidak mengalami loss learning atau berkurangnya pengetahuan dan keterampilan secara akademis.

Kurikulum Merdeka memberikan kemudahan bagi guru dalam merencanakan pembelajaran hingga evaluasi pembelajaran pada siswa. Karena kurikulum ini memberikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan anak didik di sekolah.

"Kemudian untuk guru memberikan kemudahan, dan kebebasan guru untuk menentukan baik perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan siswa," lanjutnya.

"Bagi anak tahu potensinya. Ketika potensi anak menggambar, bagaimana guru itu bisa membantu meningkatkan potensinya dalam menggambar. Disesuaikan dengan potensi anak," demikian Sunar. (zii)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: