DPK Provinsi Bengkulu Ajak Kabupaten/Kota Tumbuhkan Gemar Membaca

DPK Provinsi Bengkulu Ajak Kabupaten/Kota Tumbuhkan Gemar Membaca

Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu saat menerima kunjungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mukomuko.--

BENGKULU RU.ID - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu mengajak DPK kabupaten/kota bersinergi dan berkolaborasi dalam menumbuhkan budaya kegemaran membaca. Ini disampaikan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M.Pd melalui Kabid Pengembangan dan Pembudayaan, M. Multazam, M.Pd.

"Kita bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten/kota terus berkoordinasi dalam rangka meningkatkan dan menumbuhkan kegemaran membaca," ungkap Multazam diwawancarai usai menerima kunjungan rombongan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mukomuko yang dipimpin langsung Kabid Perpustakaan, Neti Herawati.

Menurutnya, dalam koordinasi yang sekaligus konsultasi, pihaknya membahas program dan kegiatan dalam rangka pengembangan perpustakaan dan peningkatan budaya kegemaran membaca di Provinsi Bengkulu. Adapun rencana atau gerakan yang dilakukan yakni pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas tenaga perpustakaan dan pustakawan.

"Kemudian pendataan perpustakaan desa, tenaga pengelola perpustakaan, pendataan kembali perpustakaan berbasis inklusi sosial, serta proses penerbitan peraturan ditingkat daerah terkait transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dan  pengangkatan istri Kepala Daerah sebagai bunda literasi dan informasi," katanya.


--

Lebih jauh dikatakannya, pembahasan lainya berkenaan dengan informasi tentang akreditasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten/kota.

"Kita berharap dengan pengembangan perpustakaan ini, dapat seiring dan sejalan dalam upaya meningkatkan gemar membaca demi terwujudnya perpustakaan sebagai literasi kesejahteraan masyarakat," singkat Multazam. (tux/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: