Rambah Negeri Jiran, Kopi Diyakini Tumbuhkan Ekonomi Petani

Rambah Negeri Jiran, Kopi Diyakini Tumbuhkan Ekonomi Petani

DONI/RU - Audiensi Gubernur Bengkulu dengan Presiden Direktur Seven Seasons Preservation SDN BHD Malaysia terkait Bencoolen Coffee.--

BENGKULU RU.ID - Kopi yang merupakan salah satu komoditi unggulan dimiliki Provinsi Bengkulu, saat ini diketahui cukup masif merambah negeri jiran Malaysia. Kondisi tersebut diyakini bakal memberikan dampak secara langsung bagi para petani kopi, sehingga Pemprov memastikan bakal terus mengembangkan keberadaan tanaman kopi tersebut.

Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah mengatakan, atas nama pemerintahan pihaknya bakal terus mendukung usaha kopi Bengkulu.

"Apalagi seperti sekarang komoditi kopi telah merambah negeri Malaysia," ungkap Rohidin usai audiensi dengan Presiden Direktur Seven Seasons Preservation SDN BHD Malaysia, Rabu (20/7).

Dimana, lanjut Rohidin, beberapa outlet kopi Bengkulu telah hadir di Malaysia. Tentu dengan peluang ini, pihaknya berencana untuk terus mengembangkan Kopi Bengkulu di Malaysia.

"Ketika usaha kopi Bengkulu berkembang di negara lain, pasti dapat mengangkat citra kopi Bengkulu. Ini juga berdampak positif pada harga kopi Bengkulu ditingkat petani," ujarnya.

Menurutnya, sebagai bentuk support pemerintah daerah, dengan memastikan ketersediaan bahan baku yang memliki standar kualitas serta ketersediaan Sumber Daya Manusia-nya yang profesional dalam pengolahan kopi terebut.

"Kita sama-sama promosikan, karena kerjasama seperti ini sangat penting antara pemerintah daerah dengan pelaku usaha di Malaysia," tegasnya.

Sementara itu, Pemilik outlet Bencoolen Coffee, Mohammad Fazlin mengemukakan, outlet Bencoolen Coffee berdiri pertamakali pada tahun 2019 yang ditandai dengan perjanjian kerjasama antara dirinya dengan pengusaha kopi di Indonesia. Seiring berjalannya waktu dan kopi Bengkulu sangat diminati di Malaysia, maka dirinya kembali mendirikan outlet lainnya.

"Kami berencana ingin menambah kembali outlet kopi Bengkulu di Malaysia, untuk itu kami ingin bertemu gubernur Bengkulu guna mendapatkan support untuk program selanjutnya. Kopi asli Bengkulu sangat unik dan memiliki citarasa tinggi, sehingga sangat digemari warga Malaysia. Kami berharap Kopi Bengkulu ini dapat terus dikembangkan," tutup Fazlin. (tux)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: