Buat Kopi, Dewi Coryati: Barista Harus Miliki Resep Rahasia

Buat Kopi, Dewi Coryati: Barista Harus Miliki Resep Rahasia

DONI/RU- Pelatihan Barista--

BENGKULU RU.ID - Untuk meningkatkan penjualan di kedai, warung ataupun cafe-cafe yang menyediakan minuman kopi, para Barista harus memiliki resep rahasia (Original Recipe) sendiri. Ini ditegaskan Anggota Komisi X DPR RI, Hj. Dewi Coryati, M.Si saat pelatihan Barista bekerjasama dengan Politeknik Pariwisata Palembang Kemenparekraf RI, Senin (18/7).

"Bicara kualitas dan cita rasa, komoditas kopi yang dimiliki Provinsi Bengkulu tidak perlu diragukan lagi. Karena bukan hanya diakui pada tingkat nasional saja, tetapi juga dunia. Meskipun demikian dalam penyajian minuman kopi, merupakan hal utama untuk diperhatikan agar penikmat kopi bisa terhipnotis dengan cita rasa yang dimiliki kopi Bengkulu," ungkap Dewi.

Dengan demikian, lanjut Dewi, bagi para pembuat kopi atau Barista, harus memiliki kemampuan yang mumpuni dalam menyajikan minuman kepada para penikmat kopi. Pelatihan Barista yang digelar hari ini (kemarin, red), tujuan utamanya tidak sekedar mengajarkan tentang tata cara pembuatan atau penyajian minuman kopi saja.

"Lebih dari itu, melalui pelatihan ini kita menargetkan agar para Barista bisa melahirkan resep rahasia sendiri dalam membuat minuman kopi. Sehingga para penikmat kopi bisa betul-betu disajikan cita rasa kopi Bengkulu. Tentunya masing-masing Barista harus memiliki resep rahasia yang berbeda," kata Dewi dalam pelatihan yang diikuti sekitar 30 Barista.

Ia menambahkan, disamping itu dengan pelatihan ini pihaknya mengharapkan agar kopi Bengkulu yang sudah diperhitungkan, baik dari sisi kualitas dan cita rasa semakin dikenal.

"Selama inikan kopi Bengkulu ini kerap dikirim ke Lampung. Ketika ini terjadi, malah branding Bengkulu tidak dipakai lagi. Tentu ini merugikan kita sebagai daerah penghasil kopi," ujarnya.

Sementara itu, Plt. Direktur Politeknik Pariwisata Palembang Kemenprakraf RI, Dilla Pratiyudha, M.Si, CHE mengemukakan, pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan Sumberdaya Manusia (SDM) Barista kopi, khususnya di Provinsi Bengkulu yang merupakan salah satu daerah penghasil kopi yang dikenal baik secara nasional bahkan juga dunia.

"Ketika Barista memiliki kemampuan dan kompetensi dalam menyajikan minuman kopi, pasti bisa menarik wisatawan yang datang ke Bengkulu untuk menikmati kopi Bengkulu. Lebih dari itu para wisatawa bisa-bisa memesan yang namanya biji kopi dari Bumi Raflessia ini. Kitapun mendorong para Barista mendapatkan sertifikasi," singkat Dilla. (tux)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: