Lanal Bengkulu Ajak Generasi Muda Perkuat Nasionalisme

Lanal Bengkulu Ajak Generasi Muda Perkuat Nasionalisme

DONI/RU- Lanal Bengkulu saat memberikan pendidikan bela negara pada masa pengenalan lingkungan SMKN 1 Kota Bengkulu--

BENGKULU RU.ID - Generasi muda diajak untuk senantiasa memperkuat rasa nasionalisme, bela dan cinta tanah air. Ini disampaikan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu, Letkol Laut (P). Nyoman Gede Pradnyana AS saat memberikan pendidikan bela negara dalam pelatihan Candradimuka pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMKN 1 Kota Bengkulu, Kamis (14/7).

Menurutnya, dalam memperkuat nasionalisme, bela dan cinta tanah air, penanaman wasasan nusantara dan bela negara pada generasi muda khususnya para siswa sangat penting.

"Sehingga mereka bisa memahami sejak awal apa itu wawasan nusantara dan juga bela negara. Sehingga nantinya bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari," ungkap Nyoman.

Disisi lain, Danlanal mengaku bangga lantaran Lanal Bengkulu bisa ikut serta dalam mendidik dan membina siswa di SMKN 1 Kota Bengkulu ini.

"Kitapun berharap para siswa ini kedepannya memiliki nasionalisme, bela dan cinta tanah air yang kuat. Karena bagaimanapun juga para siswa inilah yang nantinya menjadi generasi penerus bangsa," tegasnya.

Lebih juah dikatakannya, jiwa nasionalisme, bela dan cinta tanah air itu merupakan bagian dari karakter yang harus diciptakan.

"Para siswa merupakan tunas-tunas baru yang harus diperhatikan. Sehingga nantinya dengan pendidikan karakter itu, mereka bisa memberikan hal-hal positif bagi NKRI ini kedepan," demikian Nyoman.

Dalam kegiatan MPLS yang ikuti 504 siswa tersebut, dipusatkan di lapangan Sepakbola Mako Lanal Bengkulu. MPLS itu sendiri diikuti siswa kelas X yang bearti baru memasuki bangku SMK. Selama MPLS di Lanal Bengkulu, para siswa tidak hanya diberikan pemahaman tentang bela negara, tetapi juga Pelatihan Baris Berbaris (PBB) dalam perspektif maritim. (tux)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: