Bagikan Hewan Kurban, Gubernur Ajak Teladani Nabi Ibrahim AS

Bagikan Hewan Kurban, Gubernur Ajak Teladani Nabi Ibrahim AS

DONI/RU - Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, saat membagikan hewan kurban.--

BENGKULU RU.ID - Usai menunaikan salat Idul Adha 1443 Hijriyah, Minggu (10/7) Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah secara simbolis menyerahkan dua ekor hewan kurban ke Masjid Raya Baitul Izzah untuk disembelih. Dalam momentum hari raya tersebut, orang nomor satu di Provinsi Bengkulu ini mengajak seluruh elemen masyarakat untuk meneladani Nabi Ibrahim AS.

"Selain ke Masjid Raya Baitul Izzah, hewan kurban juga diserahkan secara merata ke berbagai tempat, termasuk juga ke kabupaten-kabupaten di Provinsi Bengkulu secara merata. Ini merupakan salah satu bentuk bagi kita dalam memaknai Hari Raya Idul Adha," ungkap Rohidin.

Dalam kesempatan ini dirinya mengajak seluruh elemen masyarakat, terutama umat muslim untuk meneladani sifat Nabi Ibrahim AS. Dimana sesungguhnya Allah SWT tidak pernah memerintahkan Ibrahim untuk membunuh anaknya, Ismail. Melainkan untuk membunuh rasa kepemilikan, karena semua itu hakikatnya adalah milik Allah SWT.

“Membunuh sifat saling memiliki dapat menimbulkan sifat saling mengikhlaskan sehingga muncul semangat, tekad dan motivasi yang kuat bahwa semuanya adalah milik Allah SWT. Tentu sikap ataupun sifat Nabi Ibrahim AS harus kita teladani, terutama dalam kehidupan sehari-hari," kata Rohidin.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Dr. H. Zahdi Taher mengungkapkan, ada peningkatan 1,5 persen hewan kurban dibandingkan dengan tahun lalu. Di mana tahun ini berjumlah 9.803 hewan kurban yang tersebar di seluruh kabupaten/kota. Semua hewan kurban tersebut sudah diperiksa dan direkomendasikan untuk disembelih.

"Walaupun suasana PMK, alhamdulillah kesadaran untuk berkurban juga meningkat. Artinya rasa sosial dan kepedulian sesama di masing-masing daerah itu meningkat baik itu umat Islam. Kita berharap kedepannya lebih meningkatkan lagi," demikian Zahdi. (tux)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: