Perkuat Seni Pertunjukan, Dewi Coryati: Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Perkuat Seni Pertunjukan, Dewi Coryati: Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

DONI/RU- Bimtek bagi pelaku ekraf subsektor seni pertunjukan.--

BENGKULU RU.ID - Dengan memperkuat seni pertunjukan diyakini memiliki dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat pada suatu daerah. Ini disampaikan Anggota Komisi X DPR RI, Hj. Dewi Coryati, M.Si disela-sela Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi pelaku ekonomi kreatif (Ekraf) subsektor seni pertunjukan, Minggu (3/7).

"Dalam Bimtek kali ini kita lebih menitikberatkan pada seni pertunjukan, seperti seni tari," ungkap Dewi yang dalam kegiatan tersebut bekerjasama dengan Direktorat Pengembangan Sumberdaya Manusia (SDM) Ekonomi Kreatif Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) RI.

Menurutnya, seni tari bisa menjadi daya tarik tersendiri ketika wisatawan datang berkunjung, khususnya di Provinsi Bengkulu. Tentunya seni tari yang dipertunjukkan itu jangan biasa-biasa saja, melainkan harus dikemas semenarik mungkin. Sehingga pada saat wisatawan datang berkunjung, tidak jera untuk berkunjung kembali.

"Standarnya seni pertunjukan bulan ini tidak harus sama dengan bulan selanjutnya. Makanya melalui Bimtek ini kita menargetkan SDM para pelaku ekraf bidang seni bisa meningkat. Tujuannya jelas, agar mereka kedepan bisa mengemas seni yang bakal dipertunjukkan. Untuk Bimtek hari ini (kemarin, red) ada sekitar 70 penggiat seni tari yang kita hadirkan," katanya.

Disisi lain, Dewi menjelaskan, antara pariwisata dan ekraf sepeti seni pertunjukkan ini seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan.

"Sehingga seni pertunjukan ini harus diperkuat untuk mendukung sektor pariwisata. Contohnya kalau wisatawan datang dari luar negeri, pasti mereka ingin melihat seni budaya suatu daerah," jelas Politisi PAN ini.

Lebih jauh dikatakannya, melalui Bimtek ini juga kedepan pihaknya menargetkan agar seni pertunjukan pada suatu daerah bisa menjadi sandaran dalam mendongkrak kunjungan wisatawan.

"Terpenting bagaimana ini bisa ditumbuhkan, tentunya secara profesional. Maka dari itu kedepan pemerintah daerah juga harus memberikan ruang bagi pelaku ekraf seperti seni pertunjukan ini," singkat Dewi. (tux)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: