4.000 Vaksin PMK Disalurkan ke Empat Kabupaten

4.000 Vaksin PMK Disalurkan ke Empat Kabupaten

BENGKULU RU.ID - Sebanyak empat ribu vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang diterima Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan), telah disalurkan kepada empat kabupaten di Provinsi Bengkulu yang terdapat PMK. Ditargetkan dengan vaksin tersebut dapat meminimalisir penularan PMK di Provinsi Bengkulu.

Kadis Nakeswan Provinsi Bengkulu, Syarkawi mengatakan, keempat kabupaten yang telah menerima vaksin PMK tersebut yakni Kepahiang, Rejang Lebong, Seluma dan Bengkulu Selatan. Kemudian untuk dua kabupaten lagi yang sudah terdeteksi serangan PMK terhadap hewan ternak jenis sapi, yakni Mukomuko dan Bengkulu Tengah belum.

"Tapi jika hingga pekan depan masih ada vaksin yang tersisa pasca disalurkan kepada empat kabupaten, kemungkinan besar dialihkan pada kedua kabupaten tersebut. Hanya saja untuk sementara ini kita belum bisa memastikan apakah ada vaksin PMK yang tersisa atau tidak, jadi kita tunggu saja hingga pekan depan," ungkap Syarkawi.

Menurutnya, empat ribu vaksin yang diterima Provinsi Bengkulu setelah pihaknya melaporkan adanya serangan PMK terhadap hewan ternak masyarakat kepada Kementerian Pertanian RI.

"Vaksin PMK tiba dari Kementan RI kepada kita Jum'at (24/6) lalu. Tidak lama setelah tiba, kitapun langsung menyalurkannya ke kabupaten-kabupaten," katanya.

Lebih jauh dikatakannya, dalam penyaluran tersebut, keempat kabupaten pembagiannya tidak sama rata. Dalam artian tetap disesuaikan dengan kebutuhan.

"Namun kedepan kita kembali mengusulkan agar daerah yang belum kebagian, dapat menerima vaksin PMK. Dengan harapan penyebaran PMK ini bisa ditekan," demikian Syarkawi. (tux)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: