Puluhan Ribu Hektar Lahan Perkebunan Masuk HP

Puluhan Ribu Hektar Lahan Perkebunan Masuk HP

MUKOMUKO RU.ID - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Apriansyah, ST, MT saat dikonfirmasi mengatakan, total perkebunan sawit yang ada di daerah, mencapai 124 ribu hektare. Data yang ia dapatkan, setidaknya ada sekitar 35 persen kebun tersebut masuk dalam kawasan Hutan Produksi (HP).

"Total kebun sawit di Mukomuko mencapai 124 ribu hektare, 103 ribunya milik masyarakat. Ada sekitar 20 ribu kebun sawit masuk kawasan hutan," katanya.

Untuk lahan perkebunan sawit yang masuk dalam hutan kawasan, dipastikan tidak dapat diusulkan program replanting atau peremajaan termasuk tidak dapat diusulkan penerbitan sertifikat. Kecuali, puluhan ribu hektar kebun sawit yang masuk dalam hutan kawasan telah diturinkan statusnya oleh pemerintah.

“Pemerintah Kabupaten Mukomuko sedang berupaya keras mengajukan untuk penurunan status sebagian hutan kawasan di daerah ini. Kalau pemerintah pusat menyetujui, bisa saja kebun milik masyarakat itu aman,” ungkapnya. 

Sebelum adanya penurunan status, menggarap atau merusak hutan produksi yang ada di daerah ini dilarang oleh pemerintah. Bahkan pelakunya dapat dijerat dengan sanksi berat berupa hukuman penjara. Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak merusak atau menggarap hutan produksi.

“Kalau hutan produksi dirusak seluruhnya maka yang rugi juga masyarakat. Bukan hanya daerah ini menjadi panas, tetapi bencana alam juga mengintai kita semua. Mudah – mudahan, masyaraat paham dan tidak ada lagi aktivitas merusak hutan untuk dijadikan lahan perkebunan sawit,” katanya. (rel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: