Puslitbang Kementan RI Buka Peluang Siswa dan Mahasiswa Magang

Puslitbang Kementan RI Buka Peluang Siswa dan Mahasiswa Magang

Irwan Eriadi, SE, M.Si--

BENGKULU RU.ID - Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Kementerian Pertanian (Kementan) RI membuka peluang magang bagi siswa SMK dan mahasiswa yang menempuh pendidikan bidang pertanian, perkebunan, dan perkebunan. Ini disampaikan Anggota Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu, Irwan Eriadi, SE, M.Si, Selasa (21/6).

"Pembukaan peluang magang dari Puslitbang Kementan RI tersebut sebenarnya bisa dimanfaatkan daerah kita untuk meningkatkan Sumberdaya Manusia (SDM) sektor pertanian, perkebunan, dan juga peternakan. Apalagi Provinsi Bengkulu memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan ketiga sektor tersebut," ungkap pria yang akrab disapa Edi Ramli.

Menurutnya, dibukanya peluang magang bagi pelajar dan mahasiswa yang menempuh pendidikan pada ketiga sektor, disampaikan langsung Kepala Puslitbang Kementan RI di Bogor, Bapak Ir. Syafaruddin, Ph.D.

"Tinggal lagi bagaimana mengoneksikan agar pelajar dan mahasiswa daerah kita bisa magang disana," kata Edi Ramli.

Dilanjutkannya, peluang itu sangat bisa dimanfaatkan, karena di Provinsi Bengkulu juga memiliki SMK bidang pertanian dan perkebunan, ditambah lagi Perguruan Tinggi (PT) juga sudah banyak yang memiliki Fakultas Pertanian.

"Tentunya hal sedemikian tetap membutuhkan dorongan dari Pemerintah Daerah (Pemda)," ujarnya.

Lebih juah dikatakannya, Puslitbang Kementan RI di Bogor sendiri menyampaikan siap menerima jika ada pelajar SMK pertanian dan perkebunan ataupun mahasiswa Fakultas Pertanian di Bengkulu memiliki niat magang.

"Kita mendorong agar peluang ini dimanfaatkan, sehingga nantinya terbentuk SDM untuk ketiga sektor yang mumpuni," demikian Edi Ramli. (tux)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: