Tingkatkan Konsumsi, DKP dan PKK Kreasi Masakan Serba Ikan

Tingkatkan Konsumsi, DKP dan PKK Kreasi Masakan Serba Ikan

Para peserta lomba masak serba ikan di Mukomuko--

MUKOMUKO RU.ID - Pemkab Mukomuko melalui Dinas Perikanan dan bekerja sama dengan TP PKK Kabupaten mengadakan lomba masak serba ikan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Balai Daerah, Selasa (14/6). Tujuan kegiatan, agar  muncul menu-menu baru yang berbahan ikan. Dengan demikian, tingkat konsumsi ikan di tengah masyarakat bisa meningkat.

"Ini lomba masak serba ikan yang ke-5 dilaksanakan Pemkab Mukomuko. Lomba ini berjenjang mulai dari Kabupaten, Provinsi hingga nasional," ungkap Kadis Perikanan, Junaidi, SP.

Dikatakannya, peserta lomba masak serba ikan ini diikuti oleh PKK dari 15 kecamatan. Sementara yang dilombakan ada 3 katagori, yakni menu balita, menu keluarga, dan menu kudapan/snack.

Dengan banyaknya ragam menu makanan berbahan ikan hasil ciptaan peserta atau ibu PKK ini nanti, diharapkan masyarakat Mukomuko bisa lebih gemar mengkonsumsi ikan.

"Bukan hanya itu, menu yang sudah ada ini nanti, bisa menjadi menu andalan untuk usaha kuliner. Apalagi potensi ikan lain daerah kita juga tinggi. Itulah tujuan kita mengadakan lomba ini, mewujudkan masyarakat Mukomuko yang gemar mengkonsumsi ikan dan mendorong pelaku usaha kuliner menyajikan makanan yang sehat," katanya.

Bupati Mukomuko, H. Sapuan,  mengucapkan terimakasih kepada tim PKK kecamatan yang telah menciptakan berbagai menu masakan serba ikan. Ia berharap, menu yang telah dibuat itu dibuat berkelanjutan, bukan dibuat hanya untuk lomba.

"Juara itu bonus dalam lomba. Yang terpenting adalah bagaimana kita mewujudkan masyarakat kita gemar mengkonsumsi ikan. Insya Allah, anak-anak kita nanti tumbuh menjadi generasi yang cerdas, serta Mukomuko bebas dari stunting karena yang dikonsumsi makan sehat," bebernya.

Sapuan juga mengajak seluruh masyarakat Mukomuko untuk gemar mengkonsumsi ikan. Baik itu ikan laut atau ikan tawar. Sekarang ini, banyak resep makanan berbahan ikan tersedia di internet.

"Resep yang dibuat ibu-ibu PKK juga jangan diumpetin. Bagi dengan masyarakat. Daerah kita masih mudah mendapatkan ikan. Kalau kurang suka dengan menu tradisional, silahkan kreasikan. Dibuat menarik, dibuat varian makanan yang disukai anak-anak seperti yang dibuat ibu PKK. Ini tujuan besar dari kegiatan kita ini," pungkasnya.

Berdasarkan keputusan juri lomba masak serba ikan ini diraih oleh Menu Balita Juara 1 Kecamatan Penarik, Juara 2 Kecamatan Lubuk Pinang, dan Juara 3 Kecamatan XIV Koto. Kemudian, Menu Keluarga Juara 1 Kecamatan XIV Koto, Juara 2 Kecamatan Penarik, Juara 3 Kecamatan Selagan Raya. Selanjutnya, Menu Kudapan/Snack Juara 1 Kecamatan Teramang Jaya, Juara 2 Kecamatan Air Dikit, Juara 3 Kecamatan Malin Deman.

Adapun juara umum pada lomba masak serba ikan ke-5 Pemkab Mukomuko tahun 2022 ini diraih oleh Kecamatan Penarik yang berhasil menyabet dua juara yakni Juara 1 menu balita dan juara 2 menu keluarga. (rel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: