Divonis Kanker Tulang Kaki, Bakal Gadai Rumah

Divonis Kanker Tulang Kaki, Bakal Gadai Rumah

PADANG JAYA RU.ID - Upaya Yatno dan keluarga, untuk kesembuhan anaknya, Sinta Dea Utami (19), sudah maksimal dengan segala kemampuannya. Meski demikian, Sinta, perempuan yang berdomisili di Desa Sido Mukti Kecamatan Padang Jaya ini, divonis mengidap kanker tulang di kaki, masih harus menjalani perjuangan panjang di tengah sakitnya meski kondisi ekonomi keluarga yang sangat terbatas. Tidak hanya tenaga dan pikiran, Sinta dan keluarganya, masih mencari cara untuk mendapatkana uang, agar bisa menjalani pengobatan yang lebih maksimal bahkan langkah untuk mendapatkan pinjaman uang dengan menggadaikan rumah untuk biaya berobatpun, bakal dilakukannya.

Berdasarkan keterangan Yanto yang tak lain adalah ayah Sinta. Saat pertama anaknya divonis kanker, istri dari Rentro warga asal Kuro Tidur ini sudah pasrah. Hanya mengandalkan BPJS dari pemerintah, kala itu (Sekitar 7 bulan lalu,red) pengobatan Sinta telah dilakukan hingga ke RS di Palembang dengan maksud mendapatkan kesembuhan.

Hanya saja, kata dia, setelah menjalani perawatan intensif, dokter menyarankan agar kaki Sinta diamputasi. Mendapati pilihan pahit ini, pihak keluarga masih pikir-pikir dan memutuskan untuk membawa Sinta pulang serta mencari pengobatan lain yang diharapkan dapat menghindari langkah amputasi.

\"Ya, waktu itu disarankan begitu. Cuma melihat kondisi sekarang, kami kembali akan berusaha dan berjuang untuk pengobatannya, apapun langkah terbaik menurut dokter. Rencananya, saya akan cari hutangan dengan ngadaikan rumah anak saya buat berobat,\" kata Yatno.

Sementara itu, Sri Wati, seorang tetangga yang juga kerabat Sinta, mengatakan tidak hanya masalah keuangan, kondisi kesehatan Sinta juga sangat memperhatinkan karena kanker di kaki terus membesar. Perempuan yang aktif di bidang sosial dan seringkali membantu sesama ini mengatakan, kini Sinta berbaring di Klinik Giri Mulya, keluarga pasrah karena minimnya keuangan.

\"Semoga dengan diberikan informasi melalui Radar Utara, ada dermawan untuk membantu Sinta,\" ujarnya.

Terpisah, Kepala Desa Sido Mukti, Suyanto, S.Ip melalui Sekdesnya, Sujianto, membenarkan warga yang mengidap kanker ini. Sekdes yang sempat berada di kliknik untuk menyerahkan berupa bantuan kepada Sinta mengakui, secara administratif Sinta adalah warga Desa Kurotidur, namun Sinta dan keluarga tinggal di desanya. Selaku pemerintah desa, pihaknya tidak tinggal diam, ia bersama warga juga telah melakukan penggalangan donasi untuk membantu kesembuhan Sinta.

\"Kami dari Pemdes Sido Mukti telah berupaya mas, kita harap ada solusi lain untuk penanganan lebih agar Sinta bisa sembuh. Selain itu mereka sekeluarga juga sudah memiliki BPJS sehingga tidak khawatir jika harus berobat,\" bebernya. (sir1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: