Warga ‘Patungan’ Perbaiki Jalan Kabupaten

Warga ‘Patungan’ Perbaiki Jalan Kabupaten

MARGA SAKTI SEBELAT RU.ID - Gotong royong swadaya terpaksa dilakukan oleh masyarakat di Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS) untuk memperbaiki kerusakan jalan milik pemerintah Kabupaten BU link simpang Gajah Desa Kota Bani Kecamatan Putri Hijau-Suka Baru khususnya ruas tanjakan di Desa Karya Jaya Kecamatan MSS.

Aksi swadaya ditempuh, mengingat kondisi kerusakan jalan yang menghubungkan Kecamatan Putri Hijau dan Kecamatan MSS khususnya tanjakan yang terletak di Desa Karya Jaya semakin parah. Atas dasar itu, masyarakat yang merupakan gabungan dari pemilik angkutan di Desa Karya Jaya hingga Desa Suka Baru, mengambil inisiatif mengumpulkan dana iuran untuk membeli material guna melakukan penimbunan ruas jalan yang mengalami kerusakan sangat parah itu.

\"Kerusakan jalan semakin parah khususnya tanjakan tinggi di Desa Karya Jaya. Kami dari Desa Karya Jaya, Suka Negara sampai Desa Suka Baru, mengambil inisiatif untuk iuran (Patungan,red) menimbun jalan itu,\" ujar salah satu koordinator aksi swadaya, Salib.

Diakui Salib, masyarakat dan pemerintah desa tidak tau harus mengadu dan memohon kepada siapa, untuk memperbaiki kerusakan jalan yang melewati desanya itu. Usulan dan harapan sudah sering disampaikan kepada pemerintah daerah selaku pihak yang bertanggungjawab atas keberadaan ruas jalan kabupaten ini. Sayangnya, kata Salib, dari beberapa usulan dan keluhan yang disampaikan kepada pemerintah, belum direspon atau ditindaklanjuti. Salib beserta pemilik angkutan terpaksa menempuh jalur swadaya untuk memperbaiki kerusakan jalan yang seyogyanya menjadi tanggungjawab Pemkab BU itu.

\"Kalau kita cuek dan terus-terusan dibiarkan seperti itu, masyarakat yang repot sendiri. Akan banyak masyarakat yang jatuh dan jadi korban akibat kerusakan jalan tersebut. Sementara usulan dan keluhan sudah sering kami sampaikan, sampai sekarang, belum ada tindakan yang konkret dari pemerintah daerah,\" imbuhnya.

Salib berharap, pemerintah daerah tergerak untuk menangani kerusakan akses jalan dari Desa Kota Bani sampai Desa Karya ini. Jika pemerintah daerah merasa keberatan dan tidak mampu melakukan perbaikan secara total, minimal tindakan perawatan seperti tambal sulam bisa dilakukan.

\"Jangan dibiarkan rusak seperti sekarang. Yang susah masyarakat,\" desaknya.

Terpisah, anggota DPRD BU, Edi Putra, S.IP, mengapresiasi aksi swadaya masyarakat memperbaiki jalan milik kabupaten, itu. Edi berharap, aksi swadaya ini dapat mengetuk hati eksekutif khususnya Bupati BU sehingga kerusakan akses jalan dari simpang Gajah, Kota Bani hingga Suka Baru khususnya dari Desa Kota Bani, Desa Talang Arah dan Desa Karya Jaya bisa segera tertangani.

\"Iini adalah bukti bahwa kerusakan jalan yang terjadi sudah sangat menyusahkan masyarakat. Dari sini kita minta kepada pemerintah daerah agar tidak menganggap sepele, usulan-usulan yang kami usulkan. DPRD akan berusaha melalui fungsi yang kami miliki, untuk sama-sama mendesak dan mengawal desakan yang disampaikan masyarakat kepada pemerintah daerah sampai terealisasi,\" demikian Edi. (sig)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Warga ‘Patungan’ Perbaiki Jalan Kabupaten

Terkini

Terpopuler

Pilihan