Usaha Kadis TPHP dan Kades Ngamen ke Kementan Membuahkan Hasil, 2 Unit Combine Disalurkan

Minggu 27-10-2024,09:05 WIB
Reporter : Sigit Haryanto
Editor : Septi Maimuna

MARGA SAKTI SEBELAT, RADARUTARA.ID- Usaha jemput bola yang dilakukan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (Kadis TPHP) Bengkulu Utara bersama Kepala Desa (Kades) Karya Jaya kepada Kementerian Pertanian (Kementan) RI membuahkan hasil.

Konkretnya, dari hasil kunjungan tersebut dua unit alat mesin pertanian (Alsintan) berupa Combine ukuran besar yang disalurkan oleh Kementan RI ke Kabupaten Bengkulu Utara dengan lokus kelompok tani (Poktan) di Desa Karya Jaya dan Desa Suka Baru, Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS).

"Alhamdulillah, usaha kita ngamen program ke Kementan RI bersama Kadis TPHP Bengkulu Utara membuahkan hasil. Ada 2 unit Alsintan berupa Combain kami terima. Dua mesin Combain, itu satu untuk Poktan di Desa kami Karya Jaya dan Poktan di Desa Suka Baru. Dan hari, ini 2 unit Combain tersebut sudah kami terima," ujar Kades Karya Jaya Waskito, Minggu (27/10).

BACA JUGA:Intip Resep Bubur Srintil yang Lezat Tiada Tandingannya

BACA JUGA:Siapa yang Mengira Jika Kulit Buah-buahan Ini Bisa Buat Wajahmu Bercahaya dari Dalam

Dikatakan Waskito, dengan adanya bantuan dua unit Combain baru, ini diharapkan usaha petani dalam meningkatkan produksi dan meningkatkan pendapatan bisa tercapai sesuai target.

Mengingat mesin Combain tersebut akan mempermudah kerja petani sekaligus mengurangi biaya operasional petani dalam memanen padi.

"Sebelumnya kita sudah punya satu mesin Combain, dengan adanya penambahan mesin baru ini maka sekarang khusus di Desa Karya Jaya sudah ada dua mesin Combain. Dengan demikian, kerja para petani kita akan lebih mudah, cepat dan terukur," tandasnya.

BACA JUGA:Cara Dapat Kacamata Gratis dari BPJS Kesehatan, Begini Syaratnya!

BACA JUGA:Gedung SMK Negeri Baru Akan Segera Berdiri di Kecamatan Pinang Raya, Ini Lokasinya

Terpisah Kadis TPHP Bengkulu Utara, Abdul Hadi, S.Pt, MM, menerangkan, bahwa dua unit mesin Combain yang didapatkan oleh Kabupaten Bengkulu Utara ini tidak terlepas dari komitmen Pemkab Bengkulu Utara khusunya, Bupati Bengkulu Utara melalui DTPHP Bengkulu Utara yang sangat serius dalam mendorong program ketahanan pangan pemerintah pusat.

Di sisi lain, kata Abdul Hadi, dukungan atau pro aktif pemerintah desa terhadap para petani juga berkontribusi besar dalam menyukseskan program ketahanan pangan ini.

"Semoga dengan penambahan Alsintan ini semangatbpetani kita dalam meningkatkan hasil produksi bisa lebih optimal. Selanjutnya, secara bertahap kekurangan-kekurangan yang saat ini masih menjadi kendala bagi petani akan terus kita usahakan baik melalui peran yang dimiliki oleh DTPHP Bengkulu Utara, Provinsi maupun pusat," demikian Abdul Hadi.

Kategori :