Pengadaan Tornas Kades Gagal Dieksekusi Sebelum Pilkada? Ini Penyebabnya

Selasa 22-10-2024,09:23 WIB
Reporter : Sigit Haryanto
Editor : Septi Maimuna

BENGKULU UTARA, RADARUTARA.ID- Target pengadaan Motor Dinas (Tornas) bagi kepala desa (Kades) hingga Lurah di Kabupaten Bengkulu Utara berpeluang gagal untuk di eksekusi sebelum pelaksanaan Pilkada 2024.

Ini, disebabkan karena kabarnya regulasi hingga SK dari Pj Bupati Bengkulu Utara yang menjadi pedoman dalam pengadaan Tornas Kades di Bengkulu Utara, itu sampai sekarang belum juga dikeluarkan.

"Kalau untuk perubahan APBDes sudah kami lakukan. Yang jadi kendala sekarang anggaran dan regulasinya belum kami terima," ujar Kades Air Muring, H M Soib, saat dibincangi oleh radarutara.id, Senin (21/10), kemarin.

BACA JUGA:Langkah Konkret Ini Segera Ditempuh Satgas untuk Atasi Teror Harimau, Kapolsek: Masyarakat Sudah Resah

BACA JUGA:Masyarakat Diminta Lapor Jika Menemukan Oknum ASN hingga Aparatur Desa Terlibat Kampanye Pilkada 2024

Diyakini Kades, apabila dalam waktu dekat ini anggaran hingga regulasi yang mengatur tentang pengadaan Tornas Kades tersebut belum juga diterima oleh desa.

Maka besar kemungkinan, kata Kades, pembelian Tornas tersebut baru bisa dieksekusi oleh desa setelah Pilkada.

"Harapan kami secepatnya anggaran Tornas itu bisa dibelanjakan. Tapi, jika saat ini Anggaran maupun regulasinya belum juga sampai ke desa. Maka kemungkinan besar pengadaan Tornas itu bisa kami eksekusi setelah Pilkada nanti," ungkapnya.

BACA JUGA:Pembersihan Material Longsor di Lebong Tandai Baru Capai 60 Persen, Camat: Kita Kerjakan Secara Manual

BACA JUGA:Proyek Jembatan Senilai Hampir Rp4 Miliar di Air Muring Ditarget Tuntas November, Begini Penampakannya

Lebih jauh, Kades, pun berharap kepada pemerintah daerah untuk segera menuntaskan beberapa hal yang saat ini tengah menghambat proses eksekusi pengadaan Tornas Kades tersebut.

Mengingat, kata Kades, kehadiran Tornas tersebut sangat dinantikan oleh desa.

"Yang jelas, kita di desa juga akan bertaruh dengan waktu dalam menyerap dan mengeksekusi anggaran tersebut. Mengingat saat ini kita sudah memasuki akhir tahun anggaran 2024. Jadi mohon, segera tuntaskan kendala-kendala yang ada sehingga pengadaan Tornas Kades itu bisa segera kita eksekusi lebih cepat," demikian Kades.

Kategori :